Kepala Industri EU Bertemu CEO OpenAI untuk Bahas Implementasi Aturan AI
Kepala industri EU, Thierry Breton, akan bertemu dengan CEO OpenAI, Sam Altman, di San Francisco bulan depan. (foto: twitter @ThierryBreton)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala industri EU, Thierry Breton, akan bertemu dengan CEO OpenAI, Sam Altman, di San Francisco bulan depan untuk membahas bagaimana perusahaan tersebut akan menerapkan aturan AI yang terdepan di blok tersebut. Hal ini dikatakan oleh pejabat EU pada Selasa, 30 Mei.

Breton juga akan membahas pakta AI dengan Altman dengan tujuan mendapatkan OpenAI untuk bergabung dengan sekelompok perusahaan Eropa dan non-Eropa lainnya untuk menerapkan aturan AI sebelum diberlakukannya pada tahun 2026, kata pejabat EU tersebut yang tidak ingin disebutkan namanya.

Dilaporkan Reuters, Altman pekan lalu membuat Breton kesal setelah mengancam akan keluar dari Eropa jika menjadi terlalu sulit untuk mematuhi hukum AI yang akan datang dari blok tersebut.

Sebagai tanggapan, Breton, yang merancang aturan baru tersebut, mengatakan aturan tersebut tidak dapat ditawar-tawar.

"Breton akan membahas aspek praktis dari implementasi Undang-Undang AI. Ini akan menjadi sesi kerja, dengan diskusi mendalam mengenai set data," kata salah satu pejabat EU tersebut, kepada Reuters.

Pekan lalu, setelah bertemu dengan CEO Alphabet, Sundar Pichai, Breton mengatakan raksasa teknologi AS dan Komisi Eropa akan membahas pakta AI sukarela untuk membantu perusahaan dalam mengantisipasi implementasi legislasi AI.