Ini Dia Fitur Baru ChatGPT: Shared Links Memudahkan Berbagi Percakapan
OpenAI terus mengembangkan fitur baru untuk ChatGPT. (foto: dok. pexels_)

Bagikan:

JAKARTA - OpenAI terus mengembangkan fitur baru untuk ChatGPT, chatbot AI paling populer di dunia, dan sekarang dilengkapi dengan tautan berbagi yang unik untuk percakapan Anda.

Namun, bagaimana sebenarnya ChatGPT shared links INI bekerja, dan kapan sebaiknya Anda menggunakannya?

Apa Itu ChatGPT Shared Links?

Salah satu masalah yang dihadapi pengguna ChatGPT adalah berbagi. Anda mungkin memiliki ide brilian atau menggunakan ChatGPT untuk memecahkan teka-teki atau menciptakan sesuatu yang unik, tetapi satu-satunya cara untuk berbagi adalah dengan tangkapan layar. Memang, ada aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membagikan riwayat ChatGPT Anda, tetapi tidak semua orang ingin atau dapat menginstal aplikasi tambahan untuk memperluas fungsionalitas.

OpenAI jelas mendengar masukan ini, dan sebuah blog OpenAI yang diterbitkan pada 26 Mei 2023, mengungkapkan bahwa fungsi berbagi akan mulai diluncurkan kepada pengguna ChatGPT Plus, dengan beberapa pelanggan memperoleh akses ke fitur baru ini secara langsung.

Seperti namanya, ChatGPT shared links memungkinkan pengguna untuk membuat alamat tautan unik untuk percakapan ChatGPT mereka. URL ChatGPT unik dapat dibagikan seperti URL lainnya, menggantikan metode yang rumit untuk berbagi tangkapan layar dan prompt tertentu.

Bagaimana Cara Kerja ChatGPT Shared Links?

ChatGPT shared links hingga akhir Mei 2023 masih dalam proses peluncuran. Tetapi ketika mereka muncul di akun ChatGPT Anda, Anda akan ingin tahu cara menggunakannya.

ChatGPT shared links mirip dengan URL berbagi lainnya yang pernah Anda gunakan. Anda membagikan tautan, dan orang dengan URL dapat melihat apa yang Anda bagikan.

Di peramban web ChatGPT (saat ini belum ada dukungan iOS untuk shared links), Anda akan melihat ikon baru di riwayat chat Anda. Pilih percakapan ChatGPT yang ingin Anda bagikan, lalu klik ikon berbagi.

Dialog ChatGPT shared link akan terbuka, menunjukkan percakapan yang akan Anda bagikan. Sekarang, sebelum Anda membagikan, Anda dapat memilih untuk membagikan dengan nama Anda atau membagikan secara anonim. Mengalihkan antara keduanya berguna, karena siapa pun dengan URL ChatGPT shared link dapat mengaksesnya. Namun, "shared links tidak dirancang untuk muncul dalam hasil pencarian publik di internet," yang juga baik untuk diketahui.

Pengguna Lain Dapat Melanjutkan Percakapan ChatGPT Anda

Lebih lanjut, siapa pun dengan URL dapat melanjutkan percakapan ChatGPT yang dibagikan. Sesuai dengan OpenAI, "anggaplah tautan berbagi sebagai snapshot percakapan hingga saat Anda menghasilkan tautan berbagi." Sejak saat dibagikan, siapa pun dengan tautan tersebut dapat melanjutkan percakapan seolah-olah itu milik mereka sendiri.

Percakapan yang diperbarui tidak akan muncul dalam riwayat ChatGPT Anda. Ini hanya merupakan snapshot dan terpisah dari percakapan Anda. Namun, Anda harus mempertimbangkan informasi dalam setiap percakapan ChatGPT yang Anda bagikan, karena seluruh riwayat percakapan dapat dilihat.

Bagaimana Mengelola dan Menghapus ChatGPT Shared Links Anda

Saat ini, tidak ada izin rinci untuk ChatGPT shared links. Namun, Anda dapat melihat tautan yang telah Anda bagikan dengan menggunakan Pengaturan ChatGPT.

Di pojok kiri bawah, pilih profil pengguna Anda, lalu pilih Pengaturan. Beralih ke Kontrol Data > Shared Links. Daftar URL yang Anda bagikan akan muncul di sini.

Untuk menghapus percakapan yang dibagikan, pilih ikon tong sampah. Untuk menghapus semua percakapan yang dibagikan, pilih ikon tiga titik, lalu pilih Hapus semua shared links.

Membagikan Percakapan ChatGPT Anda Mudah

Berbagi percakapan dan data ChatGPT adalah masalah yang diajukan oleh banyak pengguna ChatGPT. Pengembang ChatGPT, OpenAI, telah mendengarkan hal ini, dan shared links membuatnya jauh lebih mudah untuk berbagi percakapan ChatGPT.

Pada saat penulisan, fungsionalitas ChatGPT shared masih terbatas. Pembaruan di masa depan kemungkinan akan membawa kontrol tambahan, khususnya terkait dengan membatasi izin. Kita juga bisa melihat perubahan lain, seperti tautan yang berakhir setelah jangka waktu tertentu atau cara untuk bekerja secara kolaboratif melalui satu URL. Tetapi ini semua bersifat spekulatif!