Metaverse Belum Berkembang Pesat di China, Pengembang Tunggu Aturan dari Pemerintah
Pengembang metaverse di China masih tunggu aturan pemerintah (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Bagaimana metaverse China akan berkembang? Lihat ke huruf "C", yang bisa Bersih, disensor, patuh, dan tanpa kripto adalah pandangan dari para ahli.

Deskripsi menunjukkan bayangan panjang yang dilemparkan oleh otoritas China yang telah mengisyaratkan bahwa mereka akan memiliki lembaga pengatur yang berat dalam bagaimana hal itu akan berkembang. Sebuah bayangan yang ditakuti oleh beberapa pendukung metaverse di China karena akan menghambat pertumbuhannya.

Dari rencana Microsoft senilai 69 miliar dolar AS untuk membeli Activision (ATVI.O) hingga Facebook mengubah namanya menjadi Meta Platforms Inc, sebagian besar dunia teknologi melompat untuk membangun apa yang diharapkan banyak orang sebagai generasi berikutnya dari internet: dunia virtual imersif yang mereplikasi banyak aspek kehidupan nyata.

Para ahli mengatakan upaya metaverse China tertinggal dari negara-negara seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan, dengan alasan lebih sedikit investasi oleh raksasa teknologi domestik. Produk terkemuka di industri seperti headset virtual reality (VR) Oculus Meta sudah dilarang di China. Kemudian  lambatnya pengembangan headset VR buatan dalam negeri yang menarik membuat China belum melihat platform VR atau metaverse akan mendapatkan popularitas yang signifikan.

Tapi minat terhadap metaverse di China sendiri sudah mulai melonjak. Pada tahun lalu, lebih dari 1.000 perusahaan termasuk perusahaan kelas berat seperti Alibaba Group Holding, dan Tencent Holdings Ltd telah mengajukan sekitar 10.000 merek dagang terkait metaverse, menurut perusahaan pelacakan bisnis, Tianyancha.

Baidu, seperti dilaporkan Reuters, membuat terobosan baru pada Desember lalu dengan peluncuran "XiRang", digambarkan sebagai platform metaverse pertama China meskipun telah banyak disorot karena tidak menawarkan pengalaman imersif tingkat tinggi. Namun Baidu mengatakan aplikasinya sedang dalam proses.

Start-up lain juga melihat lebih banyak investasi. Dalam tiga bulan hingga akhir November, lebih dari 10 miliar yuan sudah diinvestasikan dalam usaha terkait metaverse, jauh lebih banyak dari 2,1 miliar yuan investasi yang ditarik oleh VR China dan industri terkait untuk semua tahun 2020, menurut Sino Global, sebuah perusahaan modal ventura crypto yang berfokus pada China.

"Investor dan manajer modal ventura yang tidak berbicara dengan saya selama bertahun-tahun tiba-tiba mengirim pesan - menanyakan apakah saya ingin pergi makan dan berbicara. Mereka semua ingin berbicara tentang metaverse," kata Pan Bohang yang berbasis di Beijing yang rencananya akan meluncurkan platform gim sosial VR.

Para ahli mengatakan masa pertumbuhan metaverse China memungkinkan Beijing banyak ruang untuk mengkooptasi perkembangannya, terutama karena buzz metaverse saat ini bertepatan dengan tindakan keras peraturan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada teknologi dan industri lainnya.

"Bisnis internet tradisional di China berkembang lebih dulu dan kemudian diatur. Industri seperti metaverse akan diatur saat mereka dibangun," kata Du Zhengping, kepala komite industri metaverse Asosiasi Komunikasi Seluler China yang dibentuk pada Oktober.

“Tetapi pendekatan otoriter China bertentangan dengan bagaimana metaverse berkembang di bagian lain dunia, di mana pengguna tertarik pada cara baru untuk mengekspresikan diri, dan itu akan menghambat pertumbuhan,” kata Eloi Gerard, pengusaha VR yang bekerja di China selama 10 tahun. sebelum baru-baru ini pindah ke Los Angeles.

"Metaverse sudah menjadi tempat di mana Anda memiliki kelompok agama, gerakan LGBT, berkumpul di seluruh dunia dan menggunakan dunia maya untuk berbagi ide, inilah yang dilakukan orang-orang di VRChat saat ini...ini sangat progresif dan liberal," katanya, mengacu pada platform VR populer yang berbasis di San Francisco.

"Ide metaverse adalah bahwa seseorang bergerak di antara dunia virtual ... ini bertentangan dengan gagasan satu pihak, satu suara, satu visi," tambah Gerard.

Para ahli juga mencatat bahwa gim - dianggap sebagai teknologi gerbang ke metaverse – yang kini diatur secara ketat di Cina.

Gim harus disetujui oleh pemerintah dan meskipun gim pertempuran diizinkan, konten kekerasan yang kuat seperti penggambaran darah dan mayat telah dilarang, seperti apa pun yang dapat ditafsirkan sebagai cabul atau porno. Sebagai bagian dari tindakan keras peraturan baru-baru ini, pihak berwenang di China juga berusaha untuk mengendalikan permainan oleh anak di bawah umur serta pujian berlebihan terhadap selebriti dan uang.

Raksasa game seperti Tencent dan NetEase Inc, dengan cepat menyatakan secara terbuka bahwa mereka akan mematuhi aturan apa pun saat mengembangkan penawaran metaverse di China.

Lengan panjang pemerintah tampaknya juga akan dirasakan dengan cara lain. Sebuah aplikasi berpengaruh, Xuexi Qiangguo, yang merupakan bacaan wajib bagi banyak kader Partai Komunis, menerbitkan sebuah artikel pada bulan November yang mengatakan bahwa metaverse harus digunakan untuk meningkatkan kualitas kelas pendidikan ideologi wajib untuk anak-anak sekolah.

Pada pertemuan Januari badan penasihat politik kota Beijing yang membahas perkembangan metaverse, proposal termasuk sistem pendaftaran untuk komunitas metaverse yang bertujuan untuk mencegah mereka mempengaruhi opini publik yang lebih luas dan menyebabkan guncangan ekonomi atau keuangan.