Safemoon (SFM) Diretas, Rp135 Miliar Digondol <i>Hacker</i>
Token Safemoon. (Foto; Dok. Publish0x)

Bagikan:

JAKARTA - SafeMoon, sebuah platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang menawarkan berbagai layanan kripto, baru-baru ini menjadi korban peretasan besar-besaran.

Peretas berhasil melenyapkan token lewat mekanisme pembakaran atau burning hampir semua token SFM di SafeMoon dan mencuri sekitar 9 juta dolar AS (setara Rp135 miliar) dalam bentuk aset kripto. Ini menyebabkan harga SFM anjlok dan kumpulan likuiditas WBNB habis dalam sekejap.

Pada Selasa, 28 Maret 2023, seseorang berhasil membakar (burn) sebagian besar token SFM di SafeMoon, memungkinkan peretas untuk mengambil sekitar 9 juta dolar AS (sekitar Rp135 miliar) dalam aset kripto. Akibatnya, harga token SFM terpengaruh dan WBNB kontrak terkuras dalam satu transaksi.

Peretasan ini diduga terkait dengan celah keamanan di smart contract SafeMoon, yang memungkinkan siapa saja untuk menghancurkan token SFM. Peretas juga menggunakan trik untuk meningkatkan harga SFM secara sementara dan kemudian menjualnya dengan cepat untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Ini merupakan salah satu bentuk serangan pinjaman kilat atau flash loan, yang memanfaatkan pinjaman instan tanpa jaminan di platform DeFi. SafeMoon mengklaim bahwa mereka sedang berusaha memperbaiki masalah ini dan menjamin bahwa SafeMoon DEX masih beroperasi dengan normal.

Namun, banyak pengguna yang merasa kecewa dan khawatir dengan keamanan platform ini. SafeMoon juga mendapat kritik dari beberapa ahli kripto, yang menganggapnya sebagai skema ponzi yang tidak transparan dan tidak dapat dipercaya.

Menurut PeckShield, sebuah perusahaan keamanan kripto, pembaruan kontrak SafeMoon memungkinkan siapa saja untuk menghancurkan token. PeckShield juga mengatakan bahwa peretas menggunakan fungsi kode untuk menaikkan harga token SFM secara artifisial dan kemudian menjual token untuk menguras aset dari kumpulan likuiditas dalam satu transaksi.

Melansir Coincu, CEO SafeMoon, John Karony, mengumumkan bahwa SafeMoon DEX (decentralized exchange) aman dan bahwa kumpulan likuiditas SFM:BNB yang terpengaruh oleh serangan tersebut sedang dalam proses perbaikan. Meskipun demikian, peretasan ini masih berdampak pada harga SFM, yang turun lebih dari 5 persen dalam 24 jam terakhir.

SafeMoon adalah salah satu dari banyak proyek DeFi yang bermunculan di dunia kripto, yang berhasil menarik minat komunitas kripto. Namun, proyek-proyek ini juga rentan terhadap serangan peretasan, karena teknologi blockchain yang mereka gunakan masih berkembang dan belum teruji secara menyeluruh. Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati dan melakukan riset sebelum berinvestasi di platform DeFi apapun.