Pratinjau Publik Microsoft Loop Akhirnya Hadir, Mudahkan Pengguna Kelola Proyek Bersamaan
Ilustrasi Microsoft. (dok. Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft akhirnya meluncurkan Loop dalam pratinjau publik, yang merupakan aplikasi produktivitas dengan menawarkan cara baru untuk bekerja di seluruh aplikasi Office serta mengelola tugas dan proyek.

Aplikasi ini pertama kali diumumkan pada November 2021 dan memasuki pengujian pratinjau pribadi pada akhir 2022, menyediakan ruang kerja dan halaman di mana pengguna dapat mengimpor dan mengatur tugas, proyek, dan dokumen.

Didasarkan pada Fluid Framework perusahaan, Microsoft Loop dirancang untuk menghilangkan hambatan di antara aplikasi Microsoft 365, memungkinkan komponen aplikasi seperti tabel, bagan, dan daftar disematkan dan diperbarui secara real time pada aplikasi yang berbeda, seperti ke Microsoft Teams, Outlook, Word di web, dan Whiteboard.

"Dengan semua alat, dokumen, file, dan tautan yang dibutuhkan tim Anda, mudah untuk merasa kewalahan. Microsoft Loop membantu Anda mengatur semua yang Anda perlukan untuk proyek Anda ke dalam satu ruang kerja dan bahkan mencari Anda untuk memulainya," ungkap Microsoft dalam blog resminya, dikutip Jumat, 24 Maret.

Memudahkan Pengguna

Microsoft mengakui, aplikasi tersebut dibesut untuk memudahkan pengguna berkolaborasi dan kreasi melalui kanvas kosong di laman Loop, dengan template awal yang dirancang untuk ruang kerja bersama.

"Cukup tambahkan judul ruang kerja dan kata kunci lain yang relevan, dan Microsoft Loop akan menyarankan bagian yang paling relevan untuk ditambahkan ke ruang kerja Anda. Pilih mana yang akan ditambahkan dan buat ruang kerja Anda—konten akan diatur ke dalam halaman yang dapat Anda lihat dengan mudah," ujar Microsoft.

Pengguna dapat menggunakan perintah “/” untuk menambahkan label, gambar, emoji, tabel, dan lainnya di halaman Loop. Sementara, pintasan “@” memungkinkan pengguna menautkan file yang disarankan, menandai rekan kerja atau teman.

Sama seperti dokumen kolaboratif Word atau Google Docs, pratinjau Loop akan mendukung hingga 50 orang mengedit ruang kerja sekaligus.

Perusahaan telah menguji itu ratusan kali untuk memastikan Loop dapat menskalakan ke jenis permintaan tersebut, tetapi biasanya ini dirancang untuk tim yang terdiri dari dua hingga 12 orang yang bekerja sama dalam sebuah proyek sehingga antarmuka tidak terasa terlalu berlebihan dengan banyak orang yang mengedit di waktu yang sama.

Notifikasi juga akan hadir untuk membantu pengguna melacak setiap perubahan di web dan aplikasi seluler. Ke depannya, Loop bahkan akan mendukung Microsoft 365 Copilot yang baru diumumkan.

"Copilot menggabungkan kekuatan AI generasi berikutnya dengan aplikasi dan data Microsoft 365 Anda. Copilot in Loop memberi Anda saran yang didukung AI untuk membantu mengubah cara Anda berkreasi dan berkolaborasi. Ini memandu Anda dengan petunjuk seperti membuat, bertukar pikiran, cetak biru, dan menjelaskan," kata Microsoft.

Pengguna dapat mengunduh Microsoft Loop melalui web, atau di ponsel untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi seluler saat ini hanya untuk akun kerja Microsoft 365, tetapi dukungan akun pribadi akan segera hadir.