Bagikan:

JAKARTA - Mesin pencari Bing yang dibumbui teknologi ChatGPT, sekarang berhasil melampaui 100 juta pengguna aktif harian, membuat Google harus lebih waspada.

Lonjakan pengguna itu, menurut Microsoft menunjukkan permintaan untuk jenis pengalaman web baru yang menggabungkan pencarian konvensional dengan antarmuka obrolan.

“Ini adalah angka yang mengejutkan, namun kami sepenuhnya sadar bahwa kami tetap menjadi pemain kecil, rendah, dengan pangsa satu digit. Meski begitu, senang berada di pesta dansa," ungkap Kepala Pemasaran Konsumen Microsoft, Yusuf Mehdi dalam unggahan blog resmi perusahaan.

“Kami melihat daya tarik dari Bing baru ini sebagai validasi dari pandangan kami bahwa pencarian adalah karena penemuan kembali dan proposisi nilai unik dari menggabungkan Pencarian dan Jawaban serta Obrolan dan Penciptaan dalam satu pengalaman," imbuhnya.

Perusahaan juga melaporkan adanya peningkatan keterlibatan untuk Bing, di mana pengguna kini melakukan lebih banyak pencarian setiap hari.

Menurut Microsoft, terdapat jutaan orang menggunakan pratinjau Bing baru, yang perlahan-lahan berkembang ke lebih banyak pengguna.

Dari jumlah itu, sepertiga pengguna benar-benar baru di Bing, yang membantu menggambarkan seberapa besar dampak versi anyar mesin pencari ini terhadap popularitasnya, seperti dikutip dari XDA Developers, Jumat, 10 Maret.

Versi seluler dari Bing baru, yang menyertakan pencarian suara, juga memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan Bing. Selain itu, 15 persen pengguna Bing Chat meminta Bing untuk membuat konten baru.

Peringkat pencarian web untuk Bing telah mengambil beberapa lompatan signifikan dalam relevansi berkat model bahasa baru yang digunakan. Perusahaan menyatakan hasil pencarian Bing memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

Tentu saja, ini menjadi kabar baik bagi Bing, meski ia berada di posisi kedua. Mesin pencari Microsoft tidak jauh dari popularitas Google, tetapi banyak hal yang terlihat, sehingga popularitas itu harus terus tumbuh di masa depan.