Hadirkan Roposo di Indonesia, Glance Satu Langkah Menuju “HYPERLIVE”
Director of Market Development Glance Indonesia Dalip Shahri. (Foto: Dok. Glance)

Bagikan:

JAKARTA - Glance, platform smart lock screen yang sudah diluncurkan sejak 2019 mengumumkan pencapainnya dengan 30 juta pengguna aktif bulanan (Monthly Active User) di Indonesia selama acara “Glance Unlocked 2023” pada Jumat, 24 Februari kemarin.

Untuk lebih meningkatkan pengalaman pengguna terhadap lock screen pintarnya, Glance juga berencana untuk meluncurkan platform LIVE nya sendiri, Roposo, di Indonesia pada kuartal mendatang.

Setelah diluncurkan di Indonesia, Roposo akan menambahkan konten live premium berbasis kreator di lock screen ke penawaran Glance. Hal ini akan memberikan banyak kreator, peluang yang berbeda untuk monetisasi, jangkauan luas, dan interaksi unik yang memanfaatkan kecintaan Indonesia terhadap konten live.

Glance juga berencana menawarkan lebih banyak gim dan live game streaming action, didukung oleh platform gim Nostra, yang menghadirkan berbagai pengalaman bagi para gamer untuk dapat menemukan, bermain, menonton, terkoneksi, dan berkompetisi.

“Pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia merupakan prioritas utama Glance. Dengan ekspansi Nostra serta rencana peluncuran Roposo, kami ingin memberikan dampak yang signifikan pada industri gim nasional dan ekosistem kreator,” ujar Dalip Shahri, Director of Market Development Glance Indonesia di Jakarta.

Roposo Jadi Langkah Glance Mewujudkan Visi HYPERLIVE

Peluncuran Roposo di Indonesia ini akan menjadi bukti langkah kecil Glance dalam mencapai visinya yaitu menjadi platform HYPERLIVE. Ketika berbicara secara eksklusif ke VOI, Dalip mengatakan bahwa HYPERLIVE akan pengalaman siaran langsung (live) tingkat lanjut dan premium yang memberikan momen paling otentik dan happening secara real time kepada pengguna.

“Kenapa itu HYPERLIVE? Karena kami sangat sangat percaya dengan masa depan konten kreator itu akan menjadi otentik, akan menjadi lebih menarik. Ketika Anda membuat video pendek biasa, itu terlalu pasif konsumsi. Tapi di live, ini bukan lagi broadcast satu arah, tapi akan jadi interaksi dua arah interaksi, antara kreator dengan jutaan fans,” ungkap Co-founder InMobi Group dan President & COO Glance, Piyush Shah kepada VOI.

Cara Monetisasi Kreator di Roposo

Selanjutnya, ketika ditanyakan lebih dalam mengenai cara monetisasi yang bisa dilakukan kreator di platform live Roposo ini, Piyush mengatakan, mungkin kreator bisa membuka kelas eksklusif berbayar atau melalui iklan.

“Creator benefits? Kami berpikir bahwa kreator bisa mendapatkan income dan keuntungan atau mungkin jenjang karir, ketika mereka bisa mengajarkan sesuatu kepada ratusan orang. Mereka juga bisa menghasilkan uang lebih dengan iklan, atau mereka bisa menghasilkan uang dari master class,” jelas Piyush.

“Contohnya, mungkin awalnya Anda bisa menggelar kelas gratis, tapi kalau lebih (banyak peminat) Anda bisa bergabung ke master class dengan biaya tambahan. Jadi itu sangat memungkinkan,” sambungnya.

Di sisi lain, Glance juga berencana untuk memiliki 2 hingga 3 kemitraan strategis yang mendalam dengan media besar untuk membantu mereka memanfaatkan Glance Lock Screen untuk interaksi yang lebih erat dengan audiens mereka.