Inovasi Terbaru, Hanya Lewat Layar Kunci Ponsel Pengiklan Kini Bisa Pengaruhi Kita
Lewat layar kunci, kini bisa jadi lahan iklan. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Layar kunci ponsel Anda adalah real estat baru terpanas di bidang teknologi. Kini Apple menjadikan layar kunci iPhone sebagai inti dari iOS 16, yang memberi pengguna lebih banyak kontrol atas tampilan dan cara kerja mereka.

Namun saat Apple berbicara tentang font jam yang cantik dan wallpaper dengan warna yang cocok, mereka juga memamerkan dunia di mana layar kunci Anda lebih dari sekadar ukuran keamanan. Layar kunci  kini menjadi permukaan lain di mana perusahaan dapat menempatkan informasi, aplikasi, dan bahkan iklan. Apple bukanlah satu-satunya perusahaan yang memikirkan hal ini juga.

TechCrunch melaporkan bahwa Glance, sebuah perusahaan konten layar kunci  kini sudah dalam pembicaraan dengan operator AS dan berencana untuk meluncurkan beberapa ponsel Android di AS dalam dua bulan ke depan.

Persaingan kini telah keluar dari aplikasi dan ke layar beranda Anda, melalui widget dan notifikasi. Sekarang sepertinya itu menuju satu langkah lebih jauh: ke hal pertama yang Anda lihat ketika Anda menghidupkan telepon Anda, bahkan sebelum Anda mengambilnya atau membukanya.

Jika Anda belum pernah melihat perangkat yang menjalankan Glance sebelumnya, salah satu cara untuk membayangkan aplikasi ini seperti umpan Snapchat Discover di layar kunci ponsel Anda. Perusahaan menyajikan serangkaian tajuk berita, video, kuis, permainan, dan foto berputar yang muncul setiap kali layar ponsel Anda menyala. Glance menyebut kartu konten ini sebagai “glances”, secara alami, dan mengatakan bahwa pengguna rata-rata mengonsumsi tatapan ini 65 kali sehari.

Tentu saja, semuanya dipenuhi dengan iklan. Glance adalah anak perusahaan dari InMobi Group, sebuah perusahaan teknologi iklan India. Mereka memiliki kemitraan dengan sejumlah produsen, termasuk Samsung dan Xiaomi, dan perusahaan mengatakan perangkat lunaknya dibangun ke lebih dari 400 juta ponsel di seluruh Asia. Google adalah investor di perusahaan ini, begitu juga Peter Thiel.

Seprti dikutip dari The Verge, , Glance atau sesuatu seperti itu adalah ide yang sangat masuk akal. Anda tidak perlu terus-menerus masuk dan keluar dari aplikasi untuk mencari berita dan informasi, Anda bahkan tidak perlu membuka kunci ponsel. Anda cukup memercayai perangkat Anda untuk menghadirkan sesuatu yang menarik setiap kali Anda menyalakannya.

Apple juga telah menggemakan ide ini, berbicara tentang bagaimana mereka melihat layar kunci yang lebih kaya fitur sebagai cara untuk membantu Anda menggunakan ponsel lebih sedikit. Kepala perangkat lunak Apple, Craig Federighi, menyebut layar kunci sebagai "wajah ponsel Anda." Ia mengatakan bahwa fitur seperti Aktivitas Langsung dapat mempermudah untuk mendapatkan informasi cepat tanpa harus membuka kunci ponsel dan membuka diri terhadap semua gangguan di dalamnya.

“Jika Anda bisa mendapatkan jawabannya sekilas, maka Anda tidak akan membuka kuncinya,” katanya, “dan begitu Anda membuka kunci ponsel Anda, Anda hampir lupa mengapa Anda ada di sana sejak awal!”

Tetapi dengan membuka ruang ini, perusahaan-perusahaan ini menawarkan kesempatan kepada aplikasi dan pengiklan untuk lebih dekat dengan Anda. Pengembang pasti akan membangun Aktivitas Langsung yang bertahan lama setelah selesai menjadi berguna, lebih baik untuk mengambil Anda setiap kali ponsel Anda menyala.

Platform akan menemukan cara untuk menarik lebih banyak konten mereka ke layar kunci, mencoba menghubungkan Anda ke umpan bahkan sebelum Anda menekan tombol.

Secara umum, sebagian besar pengguna tidak mengubah pengaturan mereka, dan Anda sebaiknya percaya bahwa pengembang akan menggunakannya untuk keuntungan mereka.

“Konsumen akan beralih dari mencari konten ke mengonsumsi apa yang diperlihatkan kepada mereka,” kata CEO InMobi, Naveen Tewari, kepada Forbes saat Glance diluncurkan.

Yang terpenting, masa depan aplikasi seperti Glance adalah cara untuk mengubah smartphone lebih jauh menjadi perangkat yang hanya untuk konsumsi.

Sekilas pasti akan ada persaingan, tetapi ini sudah menjadi contoh yang baik tentang arah semua ini. Pada bulan Juni, diadakan Glance Live Fest, festival tiga hari virtual yang berlangsung sepenuhnya di layar kunci pengguna.

Ini mengalirkan konser dan tantangan interaktif, tutorial dan wawancara langsung, dan banyak konten belanja langsung, ke lebih dari 70 juta pengguna. Ini seperti festival musik pilihan, di mana Anda dibawa setiap kali seseorang mengirimi Anda teks. Kedengarannya mengganggu, membuat frustrasi, dan benar-benar melelahkan.