Bagikan:

JAKARTA – Meningkatnya popularitas ChatGPT telah dieksploitasi oleh para pelaku pasar gelap yang telah menerbitkan token palsu di beberapa blockchain. Menurut laporan, oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab telah mengambil keuntungan dari popularitas ChatGPT yang sedang berlangsung dengan mengeluarkan token palsu atau scam.

Para pelaku jahat ini telah menerbitkan token palsu bermerek ChatGPT dalam beberapa minggu terakhir. Sebanyak 132 token palsu diterbitkan di BNB Chain, yang paling banyak dalam satu blockchain. Ethereum (ETH) melihat distribusi 25 token palsu, sementara Solana, Arbitrum, OKChain, dan Cronos menangani penerbitan token yang lebih kecil.

Meskipun tidak satu pun dari token ChatGPT ini yang memiliki koneksi ke alat chatbot AI, mereka telah berhasil menarik para pemain kripto. Penerbitan token palsu ini terjadi setelah Microsoft mengambil langkah untuk mengintegrasikan fungsionalitas ChatGPT yang dipuji.

Raksasa perangkat lunak komputer baru-baru ini mengintegrasikan chatbot berorientasi pencarian yang didukung OpenAI ke dalam peramban internetnya sendiri - termasuk Bing. Pada saat itu, Yusuf Mehdi, Wakil Presiden Korporat dan Chief Marketing Officer, mengomentari mesin pencari baru Microsoft yang didukung oleh AI, dengan mengatakan:

"Kami dengan rendah hati menganggapnya sebagai generasi pencarian dan eksplorasi berikutnya, yang digabungkan dengan AI dan dirangkai sebagai pengalaman yang terintegrasi; kami akan menata ulang mesin pencari, peramban web, dan pengalaman mengobrol yang baru menjadi sesuatu yang kami anggap sebagai co-pilot Anda untuk web," dikutip dari CryptoPotato.

Meskipun OpenAI adalah pencipta di balik ChatGPT, chatbot Microsoft dilaporkan sebagai pengembangan dari inisiatif OpenAI. Para penipu yang berharap mendapatkan uang dari hype seputar BingChatGPT telah menghasilkan banyak uang dalam volume perdagangan dari pengguna. Selain itu, beberapa token yang meragukan, yang disebut-sebut karena likuiditasnya, terus menikmati popularitas meskipun ada kehati-hatian yang mencolok.

Saat berita ini ditulis, ada lebih dari 170 token bermerek ChatGPT yang diterbitkan di bursa terdesentralisasi, termasuk Uniswap dan PancakeSwap. Token bermerek yang paling populer memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 250 juta dolar AS, dengan likuiditas 600.000 dolar AS.

Selain itu, token yang diterbitkan Ethereum juga memiliki lebih dari 300 pemegang unik. Sementara itu, varian BNB Chain yang terpisah memiliki kapitalisasi pasar sebesar 24 juta dolar AS dan likuiditas sebesar 246.000 dolar AS.