Bagikan:

JAKARTA - Komunitas Shiba Inu, yang dikenal dengan sebutan “Shib Army,” kembali mengeluarkan peringatan keras kepada anggotanya terkait meningkatnya jumlah penipuan yang menargetkan pengguna altcoin ini. Dalam beberapa minggu terakhir, berbagai taktik jahat telah diidentifikasi oleh Shibarmy Scam Alerts, saluran resmi peringatan scam komunitas ini.

Mereka menemukan sejumlah situs web dan individu yang berusaha menipu pengguna dengan berbagai cara, mulai dari meminta pengguna untuk “memperbaiki” atau “sinkronisasi” dompet mereka hingga menawarkan hadiah palsu.

Dalam serangkaian postingan di media sosial X, komunitas Shiba Inu memperingatkan tentang “situs web palsu dan individu” yang mencoba menipu pengguna dengan meminta mereka untuk “memperbaiki” atau “sinkronisasi” dompet mereka. Taktik ini dirancang untuk mencuri dana pengguna dengan mendapatkan akses ke informasi dompet mereka.

Dikutip dari Crypto News, komunitas Shiba Inu mengatakan, “Jangan biarkan penipu mengambil apa yang telah Anda upayakan dengan susah payah. Tetap waspada, tetap aman, dan lindungi kripto Anda.”

Selain itu, peringatan ini muncul hanya beberapa jam setelah Shibarmy Scam Alerts melaporkan tentang grup Telegram palsu yang menargetkan komunitas Shibarium. Grup-grup ini dirancang untuk menipu dan menguras dompet pengguna dengan mempromosikan token palsu atau menawarkan hadiah palsu.

Beberapa penggemar Shiba Inu melaporkan menerima tawaran airdrop palsu melalui Telegram, yang kemudian mendorong komunitas untuk membawa isu ini ke platform media sosial. Salah satu grup penipu di Telegram, yang menamakan dirinya K9 Finance DAO, mengaku sebagai mitra resmi staking cair Shiba Inu dan meminta anggota untuk meneruskan airdrop dengan imbalan token KNINE senilai 2.000 Dolar AS (sekitar Rp30 juta).

Tidak hanya itu, pelaku penipuan juga menyamar sebagai salah satu pendiri Shiba Inu, Shytoshi Kusama, dan meminta anggota untuk mengklik tautan yang diberikan.

“Seiring dengan terus berkembangnya komunitas Shiba, sangat penting bagi kita untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap penipuan,” ujar grup peringatan scam tersebut.

Mereka juga menekankan pentingnya memahami perbedaan antara proyek dalam ekosistem Shiba dan kemitraan eksternal. Proyek dalam ekosistem Shiba Inu terkait langsung dengan visi dan pengembangan Shiba Inu, sedangkan mitra adalah tim eksternal yang telah menandatangani kontrak untuk bekerja dengan komunitas Shiba.