Rusia Bebaskan Pendiri Bitzlato, Bursa Kripto yang Diduga Lakukan Pencucian Uang
Rusia lepaskan pendiri Biztlato. (Foto; Dok. Bitcoin News)

Bagikan:

JAKARTA - Pihak berwenang Rusia membebaskan salah satu pendiri bursa kripto Bitzlato, Anton Shkurenko, setelah menahan pendiri tersebut selama beberapa hari. Shkurenko, yang dikatakan menjadi target penyelidikan oleh pihak berwenang Prancis, menyangkal tuduhan yang menyatakan bahwa Bitzlato telah memproses dana ilegal senilai jutaan dolar AS.

Jaksa penuntut Rusia saat ini meminta Prancis untuk mengirimkan materi dari penyelidikannya terhadap bursa kripto yang disita, Bitzlato, untuk memutuskan apakah akan memulai proses tambahan di Rusia. Shkurenko mengatakan kepada media crypto bahwa pihak berwenang Prancis menghapus situs web Bitzlato dan menetapkan kendali atas server-nya saat operasi penegakan hukum internasional berlangsung bulan lalu.

AS mengatakan bahwa Bitzlato, yang terdaftar di Hong Kong dan dikenal oleh para pedagang Rusia, memproses dana ilegal sebesar 700 juta dolar AS antara tahun 2018 dan 2022. Europol, yang menahan empat anggota tim Bitzlato, percaya bahwa bursa tersebut melakukan pencucian uang lebih dari 1 miliar dolar AS dan menerima sebagian besar transfer dari entitas kriminal seperti pasar darknet Hydra dan skema piramida kripto Finiko.

Shkurenko mengatakan bahwa pada 7 Februari ia didatangi oleh petugas polisi di Moskow dan dibawa ke Kantor Kejaksaan Antar Distrik Tver untuk diinterogasi. Ia mengatakan bahwa ia tidak bersalah dan bertekad untuk membuktikan keinnocennya dalam kasus ini.

"Berdasarkan penjelasan saya, jaksa mengeluarkan perintah non-penahanan dan mereka membebaskan saya," kata Shkurenko dikutip Forklog. Dia mencatat bahwa pihak berwenang di Prancis mencurigainya melakukan kejahatan di bawah 19 pasal tanpa menjelaskan lebih lanjut.

"Apa artinya ini bagi keadilan Rusia, saya belum mengerti. Rusia tidak mengekstradisi warganya," katanya, seraya menambahkan bahwa jaksa penuntut ingin menganalisis materi Prancis dalam kasus ini untuk memutuskan apakah mereka harus membuka kasus lain di Federasi Rusia.

Menurut laporan Bitcoin.com News, Anton Shkurenko menegaskan kembali bahwa ia menyangkal semua tuduhan yang ditujukan kepadanya. Minggu lalu, dia mengumumkan dalam sebuah wawancara bahwa Bitzlato akan memulihkan operasi dari Rusia. Potensi risiko kasus kriminal Rusia tidak akan mengganggu rencana ini, dia meyakinkan sekarang.