Bursa Kripto LocalBitcoins Resmi Hentikan Layanannya Akibat Market <i>Bearish</i> Berkepanjangan
Bursa kripto LocalBitcoins resmi tutup. (Foto; Dok. Master The Crypto)

Bagikan:

JAKARTA – Berita menyedihkan datang dari platform pertukaran Bitcoin, LocalBitcoins, yang pada hari Kamis mengumumkan penutupan layanannya. Platform ini sudah beroperasi selama sepuluh tahun dan sangat dikenal oleh para trader Bitcoin. Layanan ini akan ditutup karena kondisi pasar yang buruk yang terjadi di lingkungan cryptocurrency.

Perusahaan mengatakan bahwa skenario pasar saat ini tidak mendukung pemulihan apa pun, dan karena itu platform ini memutuskan untuk menghentikan layanannya. Pelanggan platform memiliki waktu selama 12 bulan untuk menarik dana mereka dari dompet. Platform ini memiliki basis pelanggan sebanyak 8 juta orang yang tersebar di lebih dari 190 negara.

Penutupan LocalBitcoins ini mengakibatkan kesedihan di komunitas kripto, karena platform ini dianggap sebagai salah satu platform pasar Bitcoin tertua. Namun, pengumuman ini menunjukkan bagaimana kondisi pasar saat ini sedang mempengaruhi banyak aspek dalam dunia kripto.

"Terlepas dari upaya kami untuk mengatasi berbagai tantangan selama musim dingin kripto yang sedang berlangsung dan sangat dingin, di mana volume dan pangsa pasar kami terus menurun, dengan berat hati kami menyimpulkan bahwa LocalBitcoins tidak dapat lagi menyediakan layanan perdagangan," tulis pengumuman bursa kripto LocalBitcoins.

Menurut laporan Coingape, dikatakan bahwa LocalBitcoins ditutup untuk menghilangkan risiko operasional di lingkungan saat ini. LocalBitcoins disebutkan dalam laporan Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN) baru-baru ini yang melibatkan transaksi Bitzlato.

Dalam dokumen FinCEN, LocalBitcoins disebutkan sebagai salah satu dari tiga rekanan teratas Bitzlato. Platform pertukaran Bitcoin digambarkan sebagai Penyedia Layanan Aset Virtual (VASP) yang berbasis atau didirikan di Finlandia, dalam dokumen tersebut.

Sebagai informasi tambahan, Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN) adalah sebuah lembaga pemerintah federal yang berada di bawah Departemen Keuangan AS yang bertanggung jawab untuk melindungi stabilitas sistem keuangan dan mencegah pencucian uang dan pendanaan terorisme.

FinCEN menerima, mengumpulkan, dan menganalisis laporan dan informasi transaksi keuangan untuk membantu mempromosikan kepatuhan peraturan dan membantu investigasi dan tindakan hukum yang relevan.

Belum lama ini, FinCEN juga telah memperkenalkan sejumlah peraturan baru untuk mengatasi masalah pencucian uang dan pendanaan terorisme dalam sistem keuangan. Misalnya, mereka menyatakan bahwa mereka akan memperkuat pengawasan terhadap transaksi virtual atau mata uang kripto untuk mencegah praktik pencucian uang yang tidak terdeteksi. Peraturan ini diharapkan dapat membantu memastikan integritas sistem keuangan dan mempromosikan lingkungan keuangan yang lebih aman dan terlindungi.