Elon Musk Bakal Hadirkan Fitur Pembayaran dalam Twiter, Gunakan Dogecoin?
Twitter bakal hadirkan fitur pembayaran. (Foto; Dok. Express)

Bagikan:

JAKARTA – Bos Twitter, Elon Musk, adalah pendukung cryptocurrency. Hingga saat ini dia masih memegang sejumlah mata uang kripto meliputi Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin. Potensi untuk mengintegrasikan fitur pembayaran dalam Twitter sangat terbuka lebar di bawah kepemimpinan Musk.

Fungsionalitas pembayaran di Twitter kabarnya masih dalam tahap pengembangan dan akan mengutamakan fokusnya pada uang fiat. Meski begitu, teknologi untuk menopang pembayaran ini akan dibangun sehingga memungkinkan penggunaan mata uang kripto di masa mendatang.

Twitter akan memasuki dunia pembayaran dengan membentuk Twitter Payments LLC. Hal ini dilaporkan oleh Financial Times pada hari Senin, 30 Januari 2023. Esther Crawford selaku Direktur Manjamen Produk Twitter, memimpin tim kecil untuk memetakan arsitektur pembayaran di platform.

Twitter juga telah mengajukan permohonan lisensi peraturan negara bagian di seluruh AS dan sudah terdaftar sebagai pemroses pembayaran oleh Departemen Keuangan AS pada bulan November. Rencana perusahaan adalah untuk memperoleh perizinan secara lengkap di AS dalam waktu satu tahun dan kemudian berekspansi secara internasional.

Twitter juga memiliki visi untuk menghadirkan serangkaian layanan pembayaran, mulai dari transaksi peer-to-peer hingga kartu debit/kredit, untuk memfasilitasi pembayaran, perdagangan, dan pesan. Bahkan memungkinkan orang untuk membeli produk secara langsung melalui platform. Bersamaan dengan itu, Elon Musk menggoda untuk menambahkan opsi pembayaran Dogecoin ke Twitter, meskipun belum ada rencana serupa yang dikonfirmasi.

Menurut laporan The New York Times, Pitch Deck awal yang ditunjukkan kepada para investor pada bulan Mei lalu menunjukkan bahwa Musk berencana untuk menguasai pendapatan pembayaran sebesar 1,3 miliar dolar AS dari Twitter pada tahun 2028. Ini merupakan bagian dari upaya Musk untuk membuat Twitter lebih menguntungkan, termasuk menempatkan verifikasi di balik paywall dan memangkas ribuan karyawan dari bisnis ini.

Sebelum Musk mengambil alih, Twitter sudah melakukan eksplorasi fitur pemberian tip dan e-commerce. Fitur tip Bitcoin berbasis Lightning sudah disertakan dalam pembaruan, dengan tip Ether dan dukungan NFT segera menyusul.