Kenali Peran Penambang dalam Pi Network, dari Pioneer hingga Node
Penjelasan peran penambang dalam Pi Newtork. (Foto; Dok. Pi Network)

Bagikan:

JAKARTA – Belakangan ini Pi Network berhasil menarik perhatian komunitas kripto karena menawarkan penambangan alternatif dengan menggunakan ponsel. Namun, masih banyak yang belum tahu bagaimana penambangan jenis ini dapat dilakukan dan apa saja jenis-jenis penambang dalam Pi Network ini.

Sebagai informasi, Pi Network menggunakan algoritma konsensus Stellar Consensus Protocol (SCP) untuk membedakan proses mining-nya dari jaringan lain. SCP adalah pengembangan dari Federated Byzantine Agreement (FBA). SCP memungkinkan aktivitas penambangan dilakukan dengan menggunakan aplikasi ponsel.

Sementara, dalam Pi Network tidak menggunakan istilah miner untuk penambang Pi Coin tapi menggunakan istilah baru yaitu Pioneer. Selain Pioneer ada juga peran penambangan Pi Coin lainnya seperti Contributor, Ambassador, dan Node sebagaimana yang akan dipaparkan berikut ini.

Peran Penambang dalam Pi Network

Berdasarkan keterangan dari whitepaper Pi Network, terdapat empat jenis peran penambang dalam jaringan yaitu Pioneer, Contributor, Ambassador, dan Node. Setiap penambang yang memiliki peran di atas akan memiliki hasil penambangan Pi Coin bervariasi. Lalu apa yang dimaksud dengan istilah Pioneer, Contributor, Ambassador, dan Node?

1. Pioneer

Pioneer adalah penambang Pi Coin yang menggunakan aplikasi Pi Network di ponsel. Pioneer dapat memberikan sejumlah Pi Coin ke Pioneer lainnya. Mereka juga dapat mengundang teman atau kerabat untuk menambah pendapatan Pi Coin mereka.

2. Contributor

Sesuai namanya, Contributor akan berkontribusi dalam merekomendasikan Pioneer yang bisa dipercaya. Contributor akan memberikan daftar para Pioneer ke dalam jaringan. Oleh karena itu, peran Contributor sangat penting dalam peningkatan keamanan dan kepercayaan terhadap jaringan Pi.

3. Ambassador

Ambassador adalah pengguna Pi Network yang kerap mengajak pengguna lain untuk bergabung dalam penggunaan Pi Network.

4. Node

Yang terakhir, Node memiliki peran yang sangat krusial dalam Pi Network. Node ini dapat diperankan oleh Pioneer atau Contributor, serta pengguna Pi Network di ponsel atau komputer. Node akan berperan untuk menilai daftar yang direkomendasikan oleh para Contributor. Penilaian dilakukan melalui aplikasi komputer seperti Pi Browser dan Pi Wallet.

Meski istilah peran penambang dalam Pi Network berbeda, namun konsepnya tetap sama seperti penambangan lainnya yaitu untuk memvalidasi transaksi yang berlangsung dalam jaringan. Setiap kali Pioneer membuka aplikasi Pi Network untuk menambang, saat itu juga akan langsung terkoneksi dengan Node. Kemudian Node akan memastikan apakah transaksi sudah valid dan tercatat di blok baru dalam jaringan.

Demikian empat istilah penting dalam penambangan Pi Network untuk Anda ketahui sebelum mining Pi Coin!