Cara Menambang Kripto dengan Aplikasi Pi Network di Ponsel
Cara mudah menambang Pi Coin dengan ponsel. (Foto; Dok. Currency)

Bagikan:

JAKARTA – Pi Network adalah proyek cryptocurrency yang berupaya menghadirkan solusi penambangan (mining) kripto secara efektif dengan menggunakan ponsel. Hal ini diterapkan seiring berkembangnya teknologi digital. Oleh karena itu, mata uang kripto menjadi langkah alami dalam evolusi uang.

Menurut laman resmi Pi Network, proyek tersebut memiliki visi untuk “membangun market peer-to-peer yang paling inklusif di dunia.” Proyek kripto tersebut berupaya menjadikan Pi Coin sebagai mata uang digital yang dapat digunakan oleh publik secara luas. Ini ditujukan untuk mendorong adopsi kripto di seluruh dunia.

Dalam beberapa pekan terakhir, popularitas Pi Network kian meningkat meski masih dalam fase mainnet tertutup. Artinya, Pi Network belum terhubung dengan entitas luar karena masih fokus dalam pengembangan utilitas blockchain-nya.

Pi Network memungkinkan mekanisme penambangan kripto dengan cara yang lebih efektif karena tidak menggunakan perangkat penambangan seperti rig mining dan perangkat keras mahal lainnya. Pi Network menawarkan model penambangan kripto melalui aplikasi. Dengan menambang lewat aplikasi Pi Network, pengguna akan mendapatkan Pi Coin secara gratis.

Mekanisme Penambangan Kripto dengan Smartphone

Mekanisme penambangan kripto melalui smartphone dapat diterapkan dengan  menggunakan algoritma konsensus yang berbasis Stellar Consensus Protocol (SCP).

SCP adalah pengembangan dari Federated Byzantine Agreement (FBA) dan merupakan fitur yang membedakan proses mining Pi Network dengan jaringan kripto lainnya. SCP memungkinkan nodes dalam jaringan untuk bekerja sama dalam mengkonfirmasi transaksi dan mengamankan jaringan.

Sistem ini menawarkan kemudahan dan keamanan dalam proses mining, sehingga menjadi pilihan yang menarik bagi para pengguna yang ingin menambang koin Pi. Dengan menggunakan SCP, pengguna dapat yakin bahwa transaksi yang dilakukan aman dan dikonfirmasi dengan baik oleh jaringan.

Ini merupakan langkah besar dalam adopsi mata uang kripto di seluruh dunia, karena Pi Network memberikan cara baru dan mudah dalam proses mining aset kripto. Ini juga menegaskan komitmen Pi Network dalam membangun platform mata uang kripto dan kontrak pintar yang aman dan dioperasikan oleh orang biasa.

Cara Menambang Kripto di Pi Network

Bagi Anda yang belum mengenal cara penambangan kripto melalui ponsel, dapat mengikuti tutorial menambang Pi Coin lewat aplikasi Pi Network berikut ini!

1. Unduh Pi Network

Unduh aplikasi "Pi Network" di App Store atau Play Store. Aplikasi ini beroperasi selayaknya wallet kripto.

2. Daftar Akun

Registrasi akun dan tentukan password yang kuat. Pastikan untuk mengingat password tersebut dengan baik.

3. Verifikasi KYC

Lengkapi identitas diri. Aplikasi ini memerlukan informasi pribadi seperti nama, alamat email, dan nomor telepon. Jika lolos verifikasi, Anda dapat menukar atau memperdagangkan Pi Coin ketika mainnet publik diluncurkan.

4. Kode Referal

Isi kode referal jika tersedia. Kode referal bisa didapatkan dari teman atau dari hasil pencarian di internet. Menggunakan kode referral akan memberikan reward tambahan ketika menambang.

5. Aktifkan Notifikasi

Aktifkan notifikasi sebagai pengingat. Notifikasi ini akan memberikan pengingat untuk terus menambang koin Pi setiap harinya.

6. Klik Start Mining

Jika sudah verifikasi, Anda hanya perlu kembali ke halaman utama dan klik tombol "Start Mining" untuk memulai proses menambang. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menjelajahi ekosistem koin Pi, seperti melihat transaksi, menambah teman, dan lain-lain.

7. Undang Teman

Untuk mendapatkan tambahan hadiah penambangan Pi Coin, Anda dapat mengundang teman atau kerabat Anda untuk ikut menambang. Upayakan aplikasi tetap berjalan dan mengklik tombol "Start Mining" setiap hari untuk dapat menambang koin secara optimal. Selamat, Anda menjadi Pioneer!

Demikian cara menambang kripto melalui aplikasi Pi Network di ponsel. Perlu diingat, menambang Pi Coin tidak seperti menambang koin kripto lainnya yang membutuhkan perangkat keras atau hardware yang canggih. Menambang koin Pi hanyalah proses simbolis yang mengkonfirmasi keanggotaan Anda dalam jaringan dan mengaktifkan koin Anda.