Bagikan:

JAKARTA - Perkembangan teknologi yang kian masif kini dibuktikan dengan munculnya proyek baru Lazzarini Design Studio di Italia, yang berhasil menciptakan kapal pesiar yang tidak hanya dapat berjalan di air, namun juga terbang di atas air. 

Kapal pesiar sepanjang 242 kaki yang memiliki desain memukau ini disebut dengan Plectrum. Plectrum dibangun dari serat karbon kering yang menjadikannya sangat ringan. Dengan menggunakan sistem foil, kapal ini dapat naik di atas ombak dan meluncur di sepanjang air dengan kecepatan hingga 75 knot.

Alih-alih didorong oleh angin, berkat tiga motor bertenaga hidrogen yang masing-masing mampu menghasilkan 5.000hp, Plectrum dapat terangkat dengan sendirinya ke permukaan air. 

Menurut rincian produknya, teknologi hidrofoilnya dapat disesuaikan mulai dari 15 meter saat berlabuh hingga 20 meter saat yacht berlayar dengan kecepatan tinggi.

Dengan warna oranye yang mentereng, desain eksterior Plectrum ini dilengkapi dengan siluet yang ramping dan melengkung pada bagian dek samping dan bukaan garasi. 

Plectrum memiliki ruang tamu yang dibagi menjadi empat dek, utamanya, kapal pesiar ini menawarkan enam kabin tamu, suite untuk pemilik, kolam renang, dan juga landasan helikopter. 

Saat ini, kapal pesiar tersebut tetap menjadi kapal konsep yang tidak memiliki tanggal rilis yang ditetapkan untuk diluncurkan secara luas ke pasar. 

Melansir DailyMail, penggunaan hidrofoil yang dipasang di lambung kapal cepat inilah yang akan membantu mengangkat kapal yang bergerak dan mengurangi hambatan. Hidrofoil memberikan daya angkat tambahan saat kapal mencapai kecepatan perencanaan. Dengan memasang hydrofoil, berarti lambung kapal dapat terangkat seluruhnya dari air.