Bos Three Arrows Capital Diduga Beli kapal Pesiar, Duitnya dari Mana?
Ilustrasi kapal pesiar besar seperti yang dimiliki Bos Three Arrows Capital. (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan investasi Three Arrows Capital (3AC) telah mengalami kebangkrutan beberapa waktu lalu. Dalam beberapa pekan terakhir, 3AC tidak lepas dari pemberitaan negatif terkait pendirinya, Su Zhu dan Kyle Davies.

Menurut laporan, Zhu dan Davies diduga telah membeli sebuah kapal pesiar dengan menggunakan dana pinjaman. Laporan tersebut tertuang dalam dokumen yang diajukan ke Pengadilan Tinggi Singapura untuk pengakuan proses likuidasi Kepulauan Virgin Inggris.

Davies dikabarkan tertarik memiliki kapal pesiar terbesar dari semua kapal pesiar yang pernah dimiliki oleh miliarder di Singapura. Kedua pendiri Three Arrows Capital itu membeli kapal pesiar senilai 50 juta dolar AS (Rp749 miliar). Pembelian tersebut dilakukan ketika perusahaan dana lindung nilai mereka sedang dalam proses penyelidikan.

Fakta ini membantah pengakuan Zhu yang menyatakan bahwa dirinya tidak memiliki kapal pesiar secara langsung. Kapal pesiar milik keduanya dijadwalkan bakal dikirim ke Italia dalam dua bulan mendatang.

Menurut laporan terbaru, rumor kebangkrutan 3AC mulai beredar pada pertengahan Juni. Pada awal Juni, hedge fund yang terkepung mengajukan kebangkrutan setelah pengadilan yang berbasis di British Virgin Islands memerintahkan likuidasi perusahaan.

Pengajuan pengadilan juga menunjukkan bahwa perusahaan hedge fund memiliki sekitar 600 juta dolar AS eksposur ke blockchain Terra, yang kolaps  pada bulan Mei lalu.

Decrypt melaporkan bahwa Three Arrows Capital memiliki utang sebesar 3,5 miliar dolar AS kepada para kreditor, termasuk 2,3 miliar dolar kepada Genesis.