Ada Wabah Virus Corona Lepas Pantai, Perusahaan Kapal Pesiar Brasil Pilih Tangguhkan Operasional
Ilustrasi armada kapal pesiar MSC Preziosa. (Wikimedia Commons/Neptuno1976)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan kapal pesiar di Brasil akan menangguhkan sebagian besar operasi hingga 21 Januari, sebuah asosiasi industri mengatakan pada Hari Senin, setelah otoritas kesehatan merekomendasikan agar kapal pesiar tidak melakukan perjalanan menyusul beberapa wabah lepas pantai dari virus corona.

Asosiasi industri Clia mengatakan tidak ada kapal yang akan lepas landas selama masa penangguhan "sukarela", yang dapat diperpanjang, sementara kapal yang berada di laut akan menyelesaikan pelayaran mereka.

Pekan lalu, regulator kesehatan nasional Brasil Anvisa merekomendasikan perusahaan pelayaran untuk sementara menghentikan operasinya, setelah lima kapal di lepas pantai Brasil mencatat lebih dari 300 kasus COVID-19 baru.

"Selama jeda ini, Clia bekerja atas nama perusahaan pelayaran yang beroperasi di negara tersebut, MSC Cruzeiros dan Costa Cruzeiros, untuk mencari titik-titik keselarasan dengan pemerintah federal, Anvisa, negara bagian dan kotamadya," jelas asosiasi itu dalam sebuah pernyataan mengutip Reuters 4 Januari.

Untuk diketahui, MSC Cruzeiros dan Costa Cruzeiros masing-masing adalah anak perusahaan dari jalur pelayaran Swiss-Italia MSC Cruises dan Carnival Corp.

Clia membuat pengumumannya setelah pejabat federal, negara bagian dan kota bertemu dengan perwakilan dari industri pariwisata tentang masalah ini.