Superkomputer Swedia Berzelius Kini Gunakan Sistem Kecerdasan Buatan Terbaru dari Nvidia
Berzelius, menggunakan sistem kecerdasan buatan (AI) terbaru dari Nvidia.. (foto: dok. nvidia.com)

Bagikan:

JAKARTA - Swedia akan memutakhirkan superkomputernya, Berzelius, menggunakan sistem kecerdasan buatan (AI) terbaru dari Nvidia. Pembaruan ini untuk membantu memahami berbagai penyakit seperti kanker dan menjadikannya salah satu superkomputer AI tercepat di dunia.

Sistem ini juga telah mengembangkan model bahasa besar yang mampu menyusun pidato atau menjawab pertanyaan dalam bahasa Swedia, menggunakan 20 miliar parameter, ukuran kapasitas jaringan buatan. Alat ini bakal muncul dan menjadi seperti ChatGPT dari OpenAI.

“Para peneliti juga berencana untuk mengembangkan model dengan 175 miliar parameter dari waktu ke waktu yang juga fasih berbahasa Denmark dan Norwegia,” kata Nvidia dalam posting blog, yang dikutip Reuters.

Didanai oleh Knut dan Alice Wallenberg Foundation, superkomputer Berzelius diluncurkan pada tahun 2021 di Universitas Linköping yang menampilkan 60 sistem AI tercepat dari Nvidia. Pembaruan akan menambah 34 sistem lainnya.

Ini juga akan membantu dalam pengenalan gambar dan video, dan sistem otonom yang digunakan di pabrik.

Superkomputer ini akan menjadi penantang mesin artificial intelligence utama yang ada di dunia. Bahkan mereka sudah menjadi yang utama di Eropa Utara untuk saat ini.