Nvidia Bikin Superkomputer untuk Percepat Penelitian Vaksin COVID-19
Logo Nvidia (Image by StockSnap from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pengembang grafik chip Nvidia berencana untuk mengembangkan sebuah superkomputer raksasa di Inggris. Superkomputer ini akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu para peneliti dalam membuat vaksin COVID-19.

Melansir dari Reuters, dalam mengembangkan superkomputer ini Nvidia bekerjasama dengan dua perusahaan farmasai yakni GSK dan AstraZenca. Komputer bernama Cambridge-1, diharapkan dapat segera berfungsi pada akhir tahun ini di Inggirs.

Superkomputer ini dilengkapi sistem NVIDIA DGX SuperPOD yang mampu memberikan lebih dari 400 petaflops kinerja AI. Hal itu berarti komputer tersebut menempati urutan ke-29 dalam daftar 500 teratas superkomputer paling kuat di dunia.

Cambridge juga merupakan rumah bagi ARM, desainer chip asal Inggris, yang telah disetujui Nvidia untuk dibeli dari SoftBank Jepang seharga 40 miliar dolar AS. Bila superkomputer ini sukses, Nvidia bermaksud untuk membangun AI Center of Exellence di Cambridge.

Nantinya superkomputer berbasis ARM ini akan berfungsi sebagai pusat kolaborasi bagi para peneliti, ilmuwan dan perusahaan rintisan di seluruh Inggris. Superkomputer Cambridge-1 yang terpisah akan tersedia bagi para peneliti dari industri dan akademisi.

"Superkomputer Cambridge-1 akan berfungsi sebagai pusat inovasi untuk Inggris, dan selanjutnya akan menjadi tempat untuk terobosan yang dilakukan oleh para peneliti dalam kesehatan dan penemuan obat,” kata pendiri sekaligus CEO Nvidia Jensen Huang.

Sebelum ini, Nvidia juga telah mengunggah sebuah postingan di Twitter dan meminta gamers PC di seluruh dunia untuk membantu memerangi virus corona. Caranya dengan membagikan hasil Clock GPU yang dimiliki para gamer untuk keperluan penelitian dan analisis vaksin corona.

Clock GPU juga dikenal sebagai clock mesin, kecepatan clock GPU menunjukkan seberapa cepat inti dari suatu unit pemrosesan grafis (GPU). Clock mesin diukur dalam satuan megahertz (MHz), dengan satu MHz sama dengan satu juta hertz.