Polestar Buat Perubahan untuk Polestar 2 EV, Makin Bertenaga dan Jangkauan Makin Jauh
Polestar telah memberikan perubahan facelift untuk Polestar 2 EV. (foto: twitter @PolestarCars)

Bagikan:

JAKARTA – Produsen mobil listrik Polestar telah memberikan perubahan facelift untuk Polestar 2 EV  yang , ditambah beberapa peningkatan lainnya untuk model tahun 2024. Pembuat sedan listrik fastback ini juga telah meningkatkan jangkauan yang dapat dikendarai model tersebut hingga 300 mil (482 km)  dengan sekali pengisian daya lewat cara  menambahkan motor yang lebih bertenaga.

Pabrikan ini juga memperkenalkan model penggerak roda belakang di samping beberapa perubahan kecil seperti pengisian daya telepon nirkabel dan fitur kesadaran pengemudi yang sekarang disertakan sebagai standar.

Perubahan yang paling terlihat pada Polestar 2 yang baru hadir dalam bentuk desain gril depan datar baru, yang cocok dengan tampilan SUV Polestar 3 terbaru dari pembuat mobil. Polestar menyebut gril baru ini "SmartZone", yang menampung komponen dan sensor yang digunakan untuk fitur keselamatan dan asisten pengemudi yang canggih.

SmartZone menyertakan kamera, radar jarak menengah, akselerometer, sensor ultrasonik, dan kabel pemanas agar semuanya tidak membeku di iklim yang lebih dingin. Ini sesuatu yang harus dipahami dengan sangat baik oleh pembuat mobil yang berbasis di Swedia ini.

Polestar 2 sekarang menampilkan jangkauan maksimum 300 mil (perkiraan EPA untuk saat ini) pada model RWD motor tunggal, peningkatan pada jangkauan 270 mil dari versi FWD yang dirilis di Amerika Serikat tahun lalu.

Peningkatan ini sebagian besar berkat dimasukkannya paket baterai yang lebih besar yang telah berkembang dari 78kWh menjadi 82kWh. Paket baterai yang lebih besar dapat mengisi daya dengan kecepatan 205kW lebih cepat atau naik dari 155kW,  di stasiun pengisian yang kompatibel.

Performa mobil juga ditingkatkan karena motor magnet permanen baru yang mampu menghasilkan 299 tenaga kuda dan torsi 361 pound-feet, dibandingkan dengan 231 tenaga kuda FWD dan torsi 243 pound-feet. RWD sekarang juga lebih cepat dengan akselerasi 0-60mph dalam 5,9 detik atau kurang dari 7,0 detik.

Menurut Polestar, baterai baru RWD juga lebih ramah lingkungan. Mereka menyatakan bahwa paket baru telah meningkatkan kimia sel yang mengurangi emisi karbon dari tujuh ton per mobil menjadi 5,9  ton saja. Polestar merencanakan penilaian siklus hidup penuh paket baterai nanti pada tahun 2023.

Anehnya, versi penggerak semua roda motor ganda (AWD ) dari Polestar 2 tidak mendapatkan baterai yang lebih besar, tetapi mereka menggunakan drivetrain baru dan peningkatan efisiensi. Mobil sekarang bergerak terutama pada motor belakang baru sementara motor asinkron depan baru bekerja sebagai dukungan. Secara total, sistem mendorong 421 tenaga kuda dan torsi 546 pound-feet - naik dari 408 tenaga kuda dan torsi 467 pound-feet.

Beberapa AWD Polestar 2 dapat didorong untuk bekerja lebih baik berkat pembaruan perangkat lunak over-the-air Performance Pack. Setelah diterapkan, ia mendapat kinerja 455 tenaga kuda, dan dapat melaju 0-60mph dalam 4,1 detik.

Model sebelumnya dengan Performance Pack meningkatkan waktu 0-60mph dari 4,5 menjadi 4,2 detik. Padahal, jika Paket Performa ditambahkan pada saat pembelian kendaraan, pelanggan akan mendapatkan Paket Plus yang disertakan dengan  biaya 4.200 dolar AS yang mencakup kenyamanan  seperti setir berpemanas.

Mereka juga akan mendapatkan peningkatan gaya lain yang mencakup sabuk pengaman emas dan desain velg 20 inci baru yang dimiliki Polestar 3.

Faktanya, banyak peningkatan Polestar 2 tahun 2024, termasuk perubahan fasia depan, dan penyertaan teknologi perhatian pengemudi Smart Eye (disertakan sebagai standar), berasal dari Polestar 3.

Satu hal yang tidak didapatkan Polestar 2 dari 3,  adalah Lidar. Tapi Polestar 2 kini mendapatkan paket Pilot dengan fitur seperti peringatan lintas lalu lintas dan kamera 360 derajat  yang disertakan dengan model motor ganda di Amerika Utara.

Polestar, perusahaan patungan antara Volvo dan pembuat mobil China Geely, telah menjadi salah satu produsen kendaraan listrik yang lebih menarik di pasar. Mereka juga mendapatkan tenaga: Polestar go public, sering dibandingkan dengan Tesla Model 3 yang sukses, dibeli oleh puluhan ribu untuk armada sewaan Hertz, dan bekerja pada lebih banyak model.  Polestar 2 2024 tersedia untuk dipesan sekarang untuk pengiriman mulai akhir tahun ini.