Hadir di AS, Polestar 2 2024 Miliki Pembaruan Signifikan
Polestar 2. (Dok. Polestar)

Bagikan:

JAKARTA - Polestar, pabrikan otomotif asal Swedia, telah mengumumkan harga untuk sedan terbarunya, Polestar 2 2024, untuk pasar AS. Model ini mengalami beberapa perubahan mulai dari eksterior hingga performa.

Menurut laporan dari InsideEVs, 13 Juni, Polestar 2 hadir dalam dua varian, yaitu Long Range Single Motor dan Long Range Dual Motor. Dan sebagai anak perusahaan Volvo, Polestar 2 menggunakan motor listrik dan inverter generasi terbaru yang sama dengan Volvo XC40 dan C40 Recharge, yang menawarkan peningkatan efisiensi dan kinerja pada mobil.

Untuk varian Long Range Single Motor dengan penggerak RWD, motor listrik permanen magnet terbaru dan inverter silicon carbide ditanamkan, memberikan tenaga sebesar 295 dk dan torsi 489 Nm. Hal ini membuat Polestar 2 lebih cepat dan bertenaga dibandingkan dengan model sebelumnya, sehingga varian ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu sekitar 5,9 detik.

Varian ini juga dilengkapi dengan paket baterai terbaru berkapasitas 82 kWh, yang memberikan jangkauan hingga 515 km dalam sekali pengisian daya menurut perhitungan EPA.

2

Sementara itu, varian tertinggi, yaitu Long Range Dual Motor, dilengkapi dengan dua motor listrik terbaru yang menawarkan tenaga dan torsi lebih besar daripada varian sebelumnya. Dengan motor listrik ganda tersebut, Polestar 2 dapat menghasilkan tenaga gabungan hingga 415 dk dan torsi 739 Nm, sehingga mampu mencapai akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu sekitar 4,3 detik.

Varian ini memiliki jangkauan sekitar 276 km dengan menggunakan kapasitas baterai yang sama dengan pendahulunya, yaitu 78 kWh. Polestar akan mulai mengirimkan mobil-mobil ini di AS pada bulan Agustus 2023.

Harga untuk varian awal Polestar 2 adalah sekitar 51.300 dolar AS atau sekitar Rp763,7 jutaan. Sementara itu, varian Long Range Dual Motor dijual seharga 56.700 dolar AS atau sekitar Rp844,1 juta.

Harga-harga tersebut sudah termasuk biaya pengiriman sebesar 1.400 dolar AS atau sekitar Rp20,8 jutaan. Meskipun memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya, Polestar 2 menawarkan performa dan fitur yang membuat sedan listrik ini memiliki nilai yang sepadan.

Di pasar AS sendiri Polestar 2 ini akan bersaing dengan Tesla Model 3, BMW i4, dan Hyundai Ioniq 6.