Susul Volvo EX90, Polestar 3 akan Meluncur di Pasar AS dengan Banderol Rp1,5 Miliaran
Polestar 3. (Dok. Polestar)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun 2024 menandai kemunculan beberapa model baru di industri otomotif, salah satunya adalah Polestar 3. SUV ini diperkirakan akan hadir di pasar Amerika Serikat pada pertengahan tahun ini.

Dilansir dari InsideEVs, Selasa, 2 Januari, pabrikan asal Swedia ini mengindikasikan bahwa pengiriman unit pertama Polestar 3 akan dilakukan pada kuartal kedua tahun 2024. Model ini diproduksi di dua lokasi, yaitu di Chengdu, China, dan di pabrik Volvo Cars Ridgeville, Carolina Selatan, Amerika Serikat.

6

Polestar 3 akan menggunakan platform yang sama dengan Volvo EX90, yaitu Scalable Product Architecture (SPA2). Namun, perbedaan utama antara keduanya adalah Polestar 3 hadir dalam konfigurasi dua baris dan lima tempat duduk, memberikan identitasnya sendiri di dalam segmen pasar.

SUV ini ditawarkan dalam dua varian dengan motor listrik ganda, yaitu Long Range Dual Motor dan varian tertinggi dengan paket Performance. Perbedaannya terletak pada varian tertinggi yang menawarkan peningkatan tenaga, pelek 22 inci, pengaturan sasis yang direvisi, dan beberapa perubahan lainnya.

Ditenagai oleh paket baterai yang sama dengan Volvo EX90, yaitu 111 kWh, Polestar 3 diklaim dapat mencapai jarak tempuh sekitar 482 km menurut siklus EPA. Sementara itu, varian Performance menawarkan jarak tempuh sekitar 434 km karena performa yang lebih tinggi.

Dalam hal pengisian daya baterai, Polestar 3 akan dilengkapi dengan pengisi daya onboard 11 kW dan mampu mengisi ulang dari 0 hingga 100 persen dalam 11 jam. Namun seperti saudaranya, mobil ini juga kompatibel dengan pengisi daya cepat 250 kW, memungkinkan pengisian dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 30 menit.

Motor listrik Polestar 3 memiliki daya sebesar 360 kW. Untuk varian tertingginya, mobil ini menawarkan daya mencapai 380 kW dan mampu berakselerasi dari 0 hingga 97 km/jam dalam 4,6 detik.

6

Dengan performa dan teknologi yang mengesankan, Polestar 3 dijual dengan harga mulai dari 85.300 dolar AS atau sekitar Rp1,3 miliar untuk varian dasar, sementara varian tertingginya dihargai sekitar 91.300 dolar AS atau sekitar Rp1,4 miliar.

Polestar merupakan merek asal Swedia yang saat ini berada di bawah naungan Volvo Cars, anak perusahaan dari Geely Holdings Group. Oleh karena itu, Polestar seringkali merilis kendaraan yang berbasis pada platform Volvo.