Bagikan:

JAKARTA - Polestar 3, kendaraan ketiga yang diberi nama tepat dari merek kinerja listrik, akan diumumkan secara resmi pada Oktober 2022. Ini akan menjadi kendaraan sport utility pertama Polestar dan yang pertama dibuat di AS.

Polestar 3 menandai upaya Polestar untuk masuk ke pasar SUV yang sangat kompetitif dan sangat menguntungkan di AS. Ketika produk ini keluar, maka itu akan masuk ke dalam kategori premium, menempatkannya dalam persaingan dengan EV seperti Tesla Model X, Audi E-tron, Mercedes-Benz EQE, Rivian R1S, dan Fisker Ocean.

Polestar ini sendiri akan dirakit di pabrik Volvo di Charleston, Carolina Selatan, serta menjadikannya sebagai mobil listrik pertama perusahaan yang dibuat di tanah AS.

Saat diluncurkan, Polestar 3 akan menggunakan drivetrain motor ganda dan baterai besar, dengan target jangkauan lebih dari 372 mil (600 km). Selain menjadi kendaraan dengan pengendaraan yang lebih tinggi daripada sedan fastback Polestar 2, Polestar 3 juga akan menyertakan sistem penggerak sebagian otonom untuk mengemudi di jalan raya.

Sistem itu bisa terjadi berkat penyertaan sensor lidar dari pemasok Luminar, yang juga menyediakan komponen untuk mengemudi di jalan raya bebas genggam ke Volvo, serta Nvidia, yang akan menyediakan perangkat keras komputasi on-board.

Volvo, yang bersama-sama memiliki Polestar dan bersama dengan perusahaan induknya Geely, telah mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan fitur mengemudi jalan raya hands-free sebagai bagian dari pembaruan platform besar berikutnya, Scalable Product Architecture (SPA2), yang akan tiba untuk edisi berikutnya, SUV XC90 generasi dan Polestar 3 pada tahun 2022.

Polestar baru-baru ini mengumumkan rencana untuk go public dengan bergabung dengan perusahaan akuisisi tujuan khusus, atau SPAC. Penggabungan itu diharapkan akan selesai “pada paruh pertama tahun 2022,” setelah itu Polestar akan menjadi perusahaan publik.

Polestar hanya merilis dua kendaraan sejauh ini: coupe hibrida dengan harga 155.000 dolar AS (Rp 2,2 miliar) Polestar 1 dan sedan Polestar 2. Selain Polestar 3, perusahaan juga berencana merilis SUV kompak (Polestar 4) pada 2023 dan sedan sport Polestar 5 pada 2024.

Perusahaan juga meluncurkan konsep roadster ramping yang disebut Polestar O2 dan Polestar O2. sedang menempatkan versi performa tinggi dari Polestar 2 ke dalam produksi terbatas.