Shell Akuisisi Jaringan Pengisian EV Volta dengan Nilai Rp2,55 Triliun
Shell berhasil mengakuisisi Volta (foto: Shell)

Bagikan:

JAKARTA - Shell USA, anak perusahaan Shell plc, telah menandatangani perjanjian definitif untuk mengakuisisi 100% saham jaringan pengisian EV, Volta Inc. dengan nilai sekitar 169 juta dolar AS atau setara dengan Rp2,55 triliun. 

Volta adalah perusahaan pengisian daya EV AS kedua yang menggunakan merek Shell sejak Greenlots diakuisisi oleh Royal Dutch Shell pada 2019.

Aset Volta saat ini mencakup jaringan pengisian EV publik yang terdapat lebih dari 3.000 charger di berbagai titik termasuk pusat perbelanjaan, toko kelontong, apotek, dll) di 31 negara bagian dan Eropa. 

Menurut siaran persnya, perusahaan mengatakan bahwa mereka telah merencanakan untuk memasang 3.400 pengisian daya tambahan lagi dalam jangka waktu yang dirahasiakan.

Selain menyediakan layanan pengisian daya, Volta berspesialisasi dalam menghasilkan pendapatan iklan dari layar yang disematkan ke titik pengisian daya. 

Kemampuan periklanan Volta dan keunggulan penggerak awal inilah yang telah memungkinkan Shell untuk mengamankan tempat utama dan kontrak tingkat portofolio dengan host situs di pasar bernilai tinggi dan lalu lintas tinggi.

Tunduk pada persetujuan pemegang saham dan peraturan, Shell mengungkapkan bahwa transaksi ini diharapkan dapat selesai pada paruh pertama tahun 2023.

Sebagai informasi tambahan, melansir The Verge, tahun lalu Volta menduduki peringkat kedua setelah Tesla dalam hal kepuasan pelanggan untuk pengisi daya Level 2.

Sebagian besar mengoperasikan stasiun Volta berada di tempat parkir ritel dengan lalu lintas tinggi, menyediakan listrik gratis untuk pengemudi EV, dengan pendapatan yang dihasilkan dari tampilan iklan.

Pembelian Shell menandai salah satu dari sedikit jaringan pengisian EV di AS yang kini dimiliki oleh perusahaan minyak dan gas.