Samsung Bakal Luncurkan Bitcoin Exchange Traded Fund (ETF), Ini yang Perlu Kamu Tahu!
Samsung luncurkan produk Bitcoin ETF di Hong Kong. (Foto; Dok. Finbold)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan raksasa teknologi Samsung, memiliki cabang investasi layanan keuangannya sendiri bernama Samsung Asset Management. Rencananya, Samsung bakal merilis produk Bitcoin Exchange Traded Fund (ETF). Dengan begitu, Samsung bakal bisa memberikan layanan kripto kepada konsumennya.

Seperti dilansir Cointelegraph, produk yang diusulkan disebut sebagai "Samsung Bitcoin Futures Active ETF" digadang-gadang bakal segera meluncur pada 13 Januari dan akan diperdagangkan di Bursa Efek Hong Kong.

Produk Bitcoin ETF ini memungkinkan investor di Hong Kong untuk berinvestasi dalam aset kripto. Bitcoin ETF akan berinvestasi dalam produk berjangka Bitcoin yang terdaftar di Chicago Mercantile Exchange (CME). Dua dari produk ini termasuk CME Bitcoin Futures dan CME Micro Bitcoin Futures.

Menurut laporan Coinspeaker, Hong Kong telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu pusat keuangan teratas di kawasan Asia. Negara ini adalah satu-satunya lokasi di seluruh Asia di mana investor dapat memperoleh eksposur ke Bitcoin Futures ETF. Skenario langka ini sekarang setara dengan wilayah lain termasuk Amerika Serikat, Kanada, dan Swiss.

Bitcoin Futures ETF Samsung ini bakal melengkapi ETF Berjangka Kripto Hong Kong yang memulai debutnya di wilayah tersebut pada tahun lalu dan sukses mendapatkan daya tarik. ETF Futures Hong Kong berhasil mengumpulkan 70 juta dolar AS sebelum diperdagangkan.

"Hong Kong adalah satu-satunya pasar di Asia di mana ETF berjangka Bitcoin terdaftar dan diperdagangkan di pasar institusional. Ini akan menjadi opsi baru bagi investor yang tertarik dengan Bitcoin sebagai produk kompetitif yang mencerminkan pengalaman mereka dalam manajemen risiko," kata Park Seong-jin, kepala Samsung Asset Management Hong Kong.

Ketika ETF ditayangkan, ETF akan menawarkan diversifikasi dan sarana bagi investor untuk memenuhi permintaan mereka. Hong Kong merupakan kawasan yang dinamis pada masa-masa awal pertumbuhan ekosistem kripto. Namun, seiring berjalannya waktu, regulator mulai memperketat aturannya.

Namun, kali ini Samsung Asset Management mendapat izin untuk mengeluarkan produk Bitcoin Futures. Dengan melunaknya regulator keuangan Hong Kong, investor ritel dan institusional kini dapat bergabung dalam ekosistem kripto secara leluasa.