HSBC Izinkan Pelanggan Beli Bitcoin di Bursa Kripto Hong Kong
HSBC perbolehkan konsumennya beli BTC. (Foto; Dok. Conseilcrypto)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar terkini dari dunia kripto menyebutkan bahwa HSBC, institusi perbankan terbesar di Hong Kong, kini memperbolehkan pelanggan mereka untuk membeli dan menjual Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin yang terdaftar di bursa Hong Kong.

ETF kripto yang saat ini terdaftar di bursa Hong Kong mencakup CSOP Bitcoin Futures ETF, CSOP Ethereum Futures ETF, dan Samsung Bitcoin Futures Active ETF.

Keputusan ini juga menjadikan HSBC sebagai bank pertama di Hong Kong yang memungkinkan nasabahnya untuk berinvestasi dalam produk turunan kripto. Jurnalis kripto terkenal, Colin Wu, mencatat bahwa "langkah ini akan memperluas paparan pengguna lokal terhadap mata uang kripto di Hong Kong."

Dalam laporannya, Colin Wu juga menambahkan, "Pada saat yang sama, HSBC meluncurkan Pusat Pendidikan Investor Aset Virtual, di mana investor perlu membaca dan mengonfirmasi materi pendidikan dan pengungkapan risiko sebelum berinvestasi dalam produk aset virtual apa pun melalui aplikasi HSBC HK Easy Invest, aplikasi HSB CHK Mobile Banking, dan perbankan online."

Sebagai informasi, awal bulan ini, regulator Hong Kong telah mendorong bank-bank untuk bekerja sama dengan perusahaan kripto lokal. Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA) juga mengajukan pertanyaan kepada bank-bank besar seperti HSBC dan Standard Chartered terkait ketidaksetujuan mereka dalam melayani klien kripto.

Namun, tampaknya regulator sekarang telah berhasil meyakinkan bank-bank besar tersebut untuk melayani pelanggan kripto. HKMA memberi tahu bank-bank bahwa mereka harus melakukan evaluasi yang cermat terhadap perusahaan kripto tanpa memberikan beban yang berlebihan, terutama bagi mereka yang ingin menjajaki peluang di wilayah tersebut.

Meskipun belum ada larangan terhadap mata uang kripto, bank-bank besar di Hong Kong tetap ragu dalam melayani klien kripto karena kekhawatiran akan potensi konsekuensi hukum jika klien terlibat dalam pencucian uang atau kegiatan ilegal lainnya melalui platform kripto.

Bank-bank di Hong Kong sedang menghadapi tantangan yang rumit. Di satu sisi, mereka mendapatkan dorongan untuk mendukung mata uang kripto dan bursa kripto, tetapi di sisi lain, mereka harus tetap memperhatikan situasi dan peraturan di Amerika Serikat yang berkaitan dengan aset digital.