Nvidia di CES 2023, Ungkap Teknologi yang Bisa Pertajam Konten YouTube Hingga 4K
Tangkapan Layar YouTube Nvidia (foto: Citra/voi)

Bagikan:

JAKARTA - Selama gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2023, Nvidia mengumumkan teknologi barunya RTX Video Super Resolution yang dapat meningkatkan kualitas resolusi video di atas 1080p atau 4K dengan bantuan kecerdasan buatan (AI).

Menurut perusahaan, pemilik GPU Seri GeForce RTX 4000 dan 3000 dapat mengaktifkan RTX Video Super Resolution mulai bulan depan untuk memanfaatkan AI dalam peningkatan kualitas konten video apa pun yang dilihat di browser Chrome dan Edge.

RTX Video Super Resolution merupakan alat peningkatan AI baru dari Nvidia, meski ini tidak dibesut untuk membuat gim yang dimainkan terlihat atau berjalan lebih baik, tetapi masih akan sangat berguna untuk para gamer, karena mengambil resolusi video lebih dari 1080p pada browser yang digunakan dan mengubahnya menjadi 4K.

Dalam presentasinya di CES, Nvidia memperlihatkan demonstrasi video dari teknologi anyar itu yang bekerja pada rekaman Apex Legends, menunjukkan tepian objek dipertajam dan buraman video yang dikurangi.

Selain itu, alat ini juga bisa digunakan pengguna untuk menonton YouTube dalam resolusi aslinya pada tampilan resolusi tinggi.

Berkat RTX Video Super Resolution, pengguna Netflix juga dapat memilih tingkatan yang lebih murah (seperti Basic, yang melakukan streaming dalam HD, atau Standar, yang melakukan streaming dalam Full HD) dan kemudian memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan kualitas video.

Dikutip dari The Verge, Jumat, 6 Januari, selain mendukung 1080p, RTX Video Super Resolution diklaim juga akan berfungsi pada resolusi video 360p, 1440p, hingga kecepatan bingkai 144Hz.

Nvidia mengatakan hasil akhirnya harus menawarkan peningkatan besar untuk kejernihan video pada tampilan resolusi tinggi di mana jika tidak, gambar mungkin terlihat sedikit lebih buruk untuk dipakai.

Sayangnya, RTX Video Super Resolution terbatas pada pengguna dengan GPU seri 30 atau 40 terbaru, yang berarti siapa pun dengan kartu seri 20 atau 10 yang lebih tua tidak akan mendapat manfaat saat diluncurkan pada Februari mendatang.

Sebagai informasi, Nvidia sebelumnya telah membuat teknologi peningkatan AI videonya tersedia di perangkat streaming Shield TV dan Shield TV Pro khusus, tetapi membawanya ke browser harus membuatnya tersedia untuk audiens yang jauh lebih besar.