Twitter Kini Bisa Tunjukkan Berapa Banyak Orang yang Melihat Tweet Anda
Contoh tampilan jumlah tayangan di Twitter (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter kini merilis fitur baru untuk melihat jumlah penayangan tweet. Cara kerjanya mirip dengan sistem view di YouTube, di mana kita dapat lihat berapa banyak tweet kita dilihat. 

"Twitter meluncurkan View Count, sehingga Anda dapat melihat berapa kali sebuah tweet telah dilihat! Ini normal untuk video," cuit pemilik Twitter, Elon Musk pada Kamis, 22 Desember. 

Menurutnya, fitur ini dapat digunakan bagaimana Twitter lebih hidup, karena meskipun jarang berinteraksi melalui reply, mention, dan lain sebagainya, pengguna hanya lebih suka membaca tweet saja. 

"Menunjukkan betapa Twitter lebih hidup daripada yang terlihat, karena lebih dari 90% pengguna Twitter membaca, tetapi tidak men-tweet, membalas, atau menyukai, karena itu adalah tindakan publik," tambah Musk. 

Menurut pantauan VOI ketika Anda mengklik salah satu tweet Anda, jumlah tayangan tweet berada tepat di atas logo reply, mention, like, dan share. Di sana, Anda bisa melihat berapa kali tweet Anda dilihat. 

Selain itu, jika Anda klik tab "Lihat Analitik Tweet", yang berada tepat di atas jumlah penayangan, Anda akan melihat aktivitas tweet yang lebih luas mulai dari jumlah penayangan, engagement, pengikut baru, perluasan detail, serta kunjungan profil. 

Selain itu, peneliti aplikasi terbalik Nima Owji menunjukkan fitur Twitter lain yang memungkinkan kita untuk dapat melihat jumlah penayangan tweet orang lain, begitu pun sebaliknya. 

Namun, belum semua pengguna memiliki akses ke fitur ini, karena peluncuran membutuhkan waktu untuk menjangkau semua pengguna. Fitur tersebut saat ini hanya tersedia di iOS dan Android, dengan fungsionalitas web diharapkan segera tersedia.