Pengguna Terpilih Mungkin Sudah Mulai Menjajal Fitur Baru Twitter Circle
I Twitter dikabarkan menguji fitur Circle. (foto: dok. pixabayI

Bagikan:

JAKARTA - Awal bulan ini Twitter dikabarkan menguji fitur Circle. Bahkan kini sepertinya tidak sedikit pengguna yang sudah dapat mengakses fitur ini.

Fitur Circle ini mirip dengan fitur Close Friends milik Instagram, di mana pengguna dapat mengirimkan tweet hanya kepada sekelompok orang tertentu daripada membuatnya menjadi tweet publik.

“Saat ini kami masih menguji Twitter Circle dengan sekelompok orang di iOS, Android, dan Web secara global. Fitur ini belum diluncurkan secara luas ke semua orang karena kami (masih) terus mengumpulkan umpan balik," ungkap juru bicara Twitter, Joseph Nunez.

Oleh karena itu, tidak diketahui pasti berapa pengguna yang merasakan uji coba fitur tersebut. Namun, jika ingin memeriksa apakah Anda memiliki akses ke fitur Circle, Anda dapat memperbarui aplikasi Twitter terlebih dahulu.

Setelah diperbarui dan Anda merupakan pengguna yang masuk dalam uji coba ini, Anda akan melihat menu tarik-turun yang bertuliskan Everyone dan Twitter Circle saat Anda membuat tweet.

Dari sana, Anda kemudian dapat memilih fitur Circle untuk membatasi tweet Anda ke pengguna tertentu saja. Anda juga bisa memilih Edit untuk menambahkan atau menghapus orang dari Circle Anda. Twitter tidak akan memberi tahu pengguna tersebut jika Anda menambahkan atau menghapusnya.

Melansir The Verge, Senin, 30 Mei, Anda dapat menambahkan hingga 150 pengguna ke Circle, baik mereka yang mengikuti Anda atau tidak. Pengguna di Circle akan melihat catatan yang ditambahkan ke tweet khusus Circle (dan sebaliknya).

“Hanya orang di Circle Twitter @(namapenggunaAnda) yang dapat melihat tweet ini,” tulis catatan itu.

Dengan hadirnya fitur ini, pengguna akan serasa men-tweet dengan akun yang dikunci bukan publik. Pengguna di Circle juga tidak akan dapat me-retweet apa pun yang diunggah, tetapi mereka masih dapat mengambil tangkapan layar dan mengunduh tweet.