Bagikan:

JAKARTA - Saat tweet Anda menjadi viral di Twitter, maka Anda akan melihat jumlah orang yang me-retweet dan menyukai tweet Anda, beserta nama akun-akun orang tersebut. 

Hampir mirip dengan fitur like dan retweet, jejaring sosial milik Elon Musk itu meluncurkan kemampuan baru ke pengguna iOS untuk menampilkan jumlah orang yang mem-bookmark tweet Anda. 

'Kami menyukai Bookmark karena menyimpan tweet untuk dikunjungi kembali nanti. Mulai hari ini di iOS, Anda sekarang dapat melihat berapa kali Tweet telah ditandai pada detail Tweet," tulis Twitter dalam pengumumannya. 

Meski demikian, Twitter menekankan bahwa bookmark masih akan bersifat pribadi. Pengguna mungkin tahu jika tweet mereka populer, tetapi mereka tidak akan tahu siapa saja yang mem-bookmark postingan tertentu.

"Namun, jangan khawatir, Bookmark Anda masih bersifat pribadi. Kami tidak akan pernah menampilkan akun mana yang telah menambahkan Tweet ke Bookmark mereka," kata perusahaan lebih lanjut. 

Twitter juga mengatakan bahwa kemampuan ini juga akan hadir untuk aplikasi Android pada masa mendatang. 

Jika Anda seorang kreator atau menjalankan akun sosial media terutama Twitter perusahaan, fitur penghitungan ini dapat menunjukkan apakah pengikut menganggap posting Anda bermanfaat atau tidak. Fitur ini juga dapat membantu Anda menyempurnakan konten untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Penambahan ini muncul setelah beberapa peningkatan pada Twitter, seperti peringatan tentang catatan misinformasi komunitas. Namun, layanan akhir-akhir ini didominasi oleh kekhawatiran tentang serangkaian pemadaman dan paywall untuk autentikasi dua faktor berbasis teks.