Inilah 14 Fitur Twitter Blue yang Dapat Diakses oleh Pelanggan Berbayar
Ilustrasi Twitter Blue (Foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Twitter Blue merupakan layanan premium yang membebankan biaya bulanan kepada pengguna untuk mendapatkan akun terverifikasi. Akun yang telah ditandai centang biru di sebelah nama pengguna, dapat menggunakan fitur-fitur premium yang disediakan Twitter.

Adapun biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna untuk dapat menggunakan fitur Twitter Blue yakni sebesar 4,99 dolar AS (sekitar Rp74.800) per bulan.

Fitur Twitter Blue

Dikutip VOI dari laman Help Twitter, Jumat, 10 Februari 2023, Twitter Blue menawarkan sejumlah fitur untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam ber-Twitter, antara lain:

  1. Edit Tweet

Fitur Edit Tweet memberi Anda waktu 30 menit untuk melakukan perubahan terbatas pada Tweet yang dipublikasikan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembaharuan, menandai seseorang, atau menyusun ulang media yang akan dilampirkan. Fitur Edit Tweet saat ini hanya berlaku untuk tweet asli dan tweet kutipan.

  1. Bookmark Folder

Fitur ini memungkinkan pengguna Twitter Blue untuk mengelompokkan dan mengatur Tweet yang di-bookmark ke dalam folder. Keberadaan fitur ini akan memudahkan pengguna untuk membaca kicauan-kicauan yang sebelumnya telah disimpan di lain hari. Pengguna dapat membuat folder bookmark tak terbatas yang bersifat pribadi di akunnya.

  1. Custom Icon Apss

Fitur ini disediakan agar pengguna dapat mengubah tampilan ikon aplikasi Twitter melalui ponsel. Periksa setelan Anda secara rutin untuk mengetahui tampilan fitur baru yang tersedia dalam waktu terbatas.

  1. NFT Profil Picture

Fitur ini disediakan Twitter supaya pengguna dapat memakai gambar NFT untuk foto profilnya.

Foto profil dengan gambar NFT akan menggunakan bingkai segi enam atau heksagonal. Saat foto profil heksagonal diketuk, pengguna akan mendapatkan rincian informasi lebih lanjut terkait NFT atau karya seni digital tersebut.

Fitur foto profil dengan aset NFT saat ini masih tersedia secara terbatas untuk pengguna iOS di Amerika Serikat (AS), Kanada, Australia dan Selandia Baru.

  1. Tema

Twitter Blue Themes memberikan beragam tema tampilan yang dapat Anda pilih sesuai selera.

  1. Custom Navigation

Fitur ini sangat cocok untuk pengguna yang suka tampilan minimalis. Twitter Blue menawarkan mode kustomisasi tab atau tombol navigasi di bagian bawah.

Misalnya atur hanya 2 atau maksimal hingga 6 tombol navigasi di bagian bawah tampilan Twitter for iOS sesuai kebutuhan.

  1. Space Tab
Ilustrasi fitur Twitter Blue
Ilustrasi fitur Twitter Blue (foto: Dinda Buana/VOI)

Fitur yang masih dalam tahap uji coba ini akan memberikan tampilan yang lebih mudah untuk konten berbasis audio. Lewat fitur ini, pengguna dapat menemukan beragam konten, seperti podcasts, stasiun radio dengan beragam teman, rekaman Spaces dan Live Spaces di satu tempat.

  1. Top Articles

Ini merupakan fitur untuk menampilkan artikel yang paling banyak dibagikan oleh pengikut (follower) dan orang yang kamu ikuti (following) Tujuannya adalah memudahkan kamu menemukan jenis konten yang ingin dibaca.

  1. Reader

Fitur Reader bermanfaat untuk menampilkan Tweet berbentuk threads supaya menjadi lebih mudah dibaca dan minim disktraksi. Untuk menggunakannya, pengguna tinggal mengetuk tombol Reader untuk membaca tweet yang panjang atau berseri.

  1. Undo Tweet

Fitur ini disediakan untuk membatalkan cuitan yang sudah Anda bagikan sebelumnya, namun belum sempat dilihat oleh akun lain. Fitur ini berbeda dengan Edit Tweet karena punya durasi yang lebih singkat.

  1. Prioritized Rankings in Conversations

Fitur Twitter Blue yang satu ini berguna untuk membuat cuitan kamu menjadi prioritas atau muncul paling atas dari sebuah obrolan atau Tweet yang ramai dibalas oleh banyak akun lain.

  1. Longer Video Upload

Pengguna Twitter Blue dapat membagikan video dengan durasi yang panjang, hingga 60 menit atau berukuran 2GB (resolusi 1080p).

  1. Half Ads

Pengguna akan melihat konten iklan yang lebih sedikit yaitu hanya 50% saja jika sudah berlangganan Twitter Blue.

  1. Longer Tweets

Dengan berlangganan Twitter Blue, pengguna dapat membagikan cuitan dengan panjang 4.000 karakter. Fitur ini juga berlaku pada Quote Tweet dan Reply. Tweet hingga 4.000 karakter tersebut dapat dibaca oleh siapa saja, tidak hanya oleh pelanggan Twitter Blue. Sedangkan bagi pelanggan yang tidak menggunakan Twitter Blue hanya dapat mencuit dengan panjang 280 karakter.

Demikian informasi tentang fitur Twitter blue yang dapat diakses oleh pelanggan berbayar. Semoga bermanfaat!