Ketua Komite Perbankan AS Serukan Pelarangan Kripto, Ini Alasannya  
Ketua Komite Perbankan Amerika Serikat, Sherrod Brown. (foto: twitter @SherrodBrown ·)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komite Perbankan Amerika Serikat, Sherrod Brown, telah menyarankan bahwa Securities Exchange Commission (SEC) dan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) mungkin harus mempertimbangkan larangan cryptocurrency.

Komentar Brown dibuat selama penampilan 18 Desember di "Meet the Press" NBC, meskipun senator dengan cepat menambahkan bahwa larangan akan sulit ditegakkan.

“Kami ingin mereka melakukan apa yang perlu mereka lakukan pada saat yang sama, mungkin melarangnya, meskipun melarangnya sangat sulit karena akan menyebar ke luar negeri, dan siapa yang tahu bagaimana cara kerjanya,” kata Brown, dikutip Cointelegraph.

Menanggapi pertanyaan tuan rumah sebelumnya tentang Senator Jon Tester, yang percaya cryptocurrency harus dilarang, Brown mengatakan bahwa dia memiliki "pemikiran yang sama."

Senator dari  Ohio ini mengatakan bahwa selama 18 bulan terakhir dia telah "mendidik" rekan-rekannya dan publik tentang bahaya cryptocurrency, serta menyerukan tindakan segera dan agresif untuk diambil.

“Saya sudah pergi ke Departemen Keuangan dan Sekretaris dan meminta penilaian pemerintah secara luas melalui semua berbagai badan pengatur [....] SEC sangat agresif, dan kita perlu bergerak maju dengan cara itu dan secara legislatif jika datang ke sana, ” tambahnya.

Brown mengutip keruntuhan kejutan FTX sebagai contoh mengapa larangan mungkin layak dipertimbangkan tetapi menambahkannya "hanya satu bagian besar dari masalah ini."

Dia berargumen cryptocurrency adalah "berbahaya" dan "ancaman terhadap keamanan nasional," mengutip aktivitas kriminal siber Korea Utara, perdagangan narkoba, perdagangan manusia, dan pendanaan terorisme sebagai beberapa masalah yang mereka perburuk.

Ketua Komite Perbankan telah menyatakan skeptisismenya terhadap crypto selama lebih dari satu tahun sekarang, setelah baru-baru ini menyuarakan keprihatinan tentang masalah penerbitan stablecoin serta kampanye iklan dan pemasaran cryptocurrency.

Brown merilis pernyataan 30 November yang menyerukan pendekatan "semua-pemerintah" untuk mengatur industri dan pada 13 Desember memuji Departemen Kehakiman AS karena mengajukan tuntutan pidana terhadap mantan CEO FTX, Sam Bankman-Fried, yang saat ini berada di balik jeruji besi di Bahama menunggu ekstradisi ke AS

Namun tidak semua rekan Senator Brown tampaknya memiliki pemikiran yang sama.

Senator Tom Emmer menyatakan pada 23 November bahwa kejatuhan FTX bukanlah “kegagalan crypto” melainkan kegagalan yang disebabkan oleh aktor terpusat.

Emmer juga berpandangan bahwa regulasi yang melumpuhkan akan menghambat inovasi industri di AS, yang menyebabkannya kehilangan posisinya dalam dominasi pasar global, ini sesuatu yang diyakini banyak orang sudah terungkap.

Perlu juga dicatat bahwa ketua Komite Layanan Keuangan yang akan datang, Patrick McHenry, adalah seorang pro-kripto. Minggu ini dia menyerukan penundaan perubahan pajak crypto untuk mencari klarifikasi lebih lanjut tentang ketentuan pajak asli yang "tidak dirancang dengan baik".