Ketua SEC AS Gary Gensler Bakal Bersaksi di Hadapan Kongres, Bahas Kripto dan Rencana ETF Bitcoin
Ketua SEC, Gary Gensler. (Foto; Dok. Seeking Alpha)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Gary Gensler, akan segera menghadapi pertemuan sulit di hadapan anggota parlemen. Gensler dijadwalkan memberikan kesaksian di hadapan dua komite terpisah di Kongres AS pada bulan September 2023.

Ini terjadi setelah dua putusan penting dalam kasus XRP dan Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang mempengaruhi tindakan SEC di bawah kepemimpinan Gensler. Meskipun pengumuman baru-baru ini tidak secara tegas menyebutkan bahwa pasar kripto akan menjadi fokus utama, namun dapat dipastikan bahwa topik ini akan mendominasi topik pembahasan di hadapan Komite Perbankan Senat AS GOP dan Komite DPR AS untuk Jasa Keuangan Republik.

Pertanyaan terkait rencana SEC untuk menyetujui aplikasi Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin spot dari perusahaan seperti Blackrock, Ark Invest, Fidelity, dan Bitwise juga akan diajukan.

Gary Gensler akan berhadapan dengan dua panel kongres yang berbeda, menurut laporan dari jurnalis Fox Business, Eleanor Terrett. Saat ini, perhatian tertuju pada bagaimana SEC akan mengatur jadwal persetujuan atau penolakan aplikasi ETF Bitcoin spot setelah kemenangan Grayscale dalam gugatan terhadap SEC. Grayscale berusaha mengubah GBTC menjadi ETF spot.

Pertanyaan yang muncul adalah apakah Gensler akan mengubah pendirian sebelumnya yang anti-kripto. Setelah putusan kasus Ripple vs. SEC, Gensler tampaknya lebih netral dalam wawancara terkait dengan kripto.

Ia menyatakan bahwa keputusan untuk mengajukan banding atas putusan pengadilan akan melibatkan semua komisaris SEC, tidak hanya pandangannya sendiri seperti sebelumnya. Pertanyaan yang muncul adalah apakah Gensler akan lebih bersikap fleksibel dalam pandangannya menjelang sidang penting di hadapan kongres nanti atau tidak.