CTO Oculus VR John Carmark Mengundurkan Diri, Lelah dengan Meta
Twitter John Carmark

Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari Consulting Chief Technology Officer (CTO) Oculus VR di Meta, John Carmack yang telah meninggalkan bangkunya dari raksasa teknologi itu.

Carmark dikenal karena karyanya pada realitas virtual serta gim klasik seperti Doom, Quake, Wolfenstein 3D, dan Commander Keen pada 1991 dengan perusahaannya ID Software. Kemudian, studio ini dibeli oleh pemilik Bethesda ZeniMax Media pada 2009.

Dia lalu bergabung dengan Oculus VR pada 2013 sebelum perusahaan tersebut diakuisisi oleh Meta (Facebook saat itu).

Setelah akuisisi, ia menjabat sebagai CTO untuk divisi Oculus sebelum mengundurkan diri dari peran tersebut pada 2019. Setelah itu, ia menjabat sebagai Consulting CTO hingga saat ini.

Sekarang, Carmark telah mengundurkan diri dari Meta, dengan alasan masalah efisiensi dan kurangnya pengaruh di perusahaan.

Dalam unggahan Facebook-nya, Carmack menggambarkan rasa frustrasinya karena tidak dapat membimbing Meta ke apa yang dia yakini sebagai jalan yang benar dalam waktu singkat, terlepas dari posisi seniornya di perusahaan tersebut.

"Kami memiliki jumlah orang dan sumber daya yang sangat banyak, tetapi kami terus-menerus menyabotase diri sendiri dan menyia-nyiakan upaya. Tidak ada cara untuk melapisi ini. Saya pikir organisasi kami beroperasi dengan setengah efektivitas yang akan membuat saya bahagia. Beberapa orang mungkin mencemooh dan berpendapat bahwa kami baik-baik saja, tetapi yang lain akan tertawa dan berkata, “Separuh? Ha! Saya sedang dalam efisiensi seperempat!," tulis Carmark.

"Ini merupakan perjuangan bagi saya. Saya memiliki suara di level tertinggi di sini, jadi rasanya saya harus bisa memindahkan barang, tapi ternyata saya tidak cukup persuasif. Sebagian kecil dari hal-hal yang saya keluhkan akhirnya berubah setelah satu atau dua tahun berlalu dan bukti menumpuk, tetapi saya tidak pernah bisa membunuh hal-hal bodoh sebelum menyebabkan kerusakan, atau menetapkan arah dan memiliki tim yang benar-benar berpegang teguh pada dia. Saya pikir pengaruh saya di pinggiran positif, tetapi tidak pernah menjadi penggerak utama," imbuhnya.

Dia juga mengatakan lelah dengan pertarungan dengan Meta, yang menghabiskan miliaran di divisi Reality Labs untuk membangun hal-hal seperti headset dan perangkat lunak VR, visinya tentang metaverse

Dikutip dari Neowin, Sabtu, 17 Desember, terlepas dari apa yang telah dia alami di Meta, Carmack menekankan headset VR Meta Quest 2 persis seperti yang dia harapkan. Menurutnya, segala sesuatunya mungkin akan lebih baik jika keputusan tertentu diambil pada waktu yang tepat.

Carmack dilaporkan akan kembali bekerja penuh waktu di startupnya sendiri, Keen Technologies, yang berfokus pada Kecerdasan Umum Buatan (AGI). Belum diketahui apakah Meta akan mempekerjakan seseorang untuk mengisi perannya atau tidak.