NASA Rilis Foto Orion Berpamitan dengan Bulan Sebelum Kembali ke Bumi
Foto Bulan yang Dihasilkan Orion (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Pesawat ruang angkasa Orion baru saja mengelilingi Bulan sebagai lintasan terakhirnya dalam perjalanan pulang ke Bumi. Dalam kesempatan itu, Orion kembali menampilkan gambar Bulan yang menakjubkan.

Diunggah oleh NASA, foto tersebut diambil dengan kamera beresolusi tinggi yang sebenarnya adalah GoPro Hero 4, tetapi telah mengalami modifikasi secara besar-besaran.

Kamera itu dipasang di ujung panel surya Orion, yang menunjukkan pesawat ruang angkasa sedang mengelilingi Bulan kemudian mendapatkan bidikan jarak dekat dari sisi jauh Bulan.

Orion telah banyak mengambil foto Bulan, dan kebanyakan dari mereka memiliki resolusi yang rendah. Foto pertamanya, menampilkan permukaan Bulan yang diselimuti banyak lubang dengan tampilan berbintik-bintik dan pecah, kemungkinan karena diambil menggunakan Kamera Navigasi Optik Orion daripada GoPro yang dipasang panel surya.

Sementara saat dibidik dengan kamera GoPro, menghasilkan tampilan yang terlalu terang tetapi memiliki resolusi yang cukup apik.

Namun, foto luar angkasa jelas bukan tujuan utama misi Artemis I, meski begitu tidak ada salahnya menyuguhkan pemandangan Bulan bagi penggemar satelit alami Bumi tersebut.

Melansir Engadget, Kamis, 8 Desember, sejauh ini kinerja Orion cukup luar biasa, yang dimana ia diluncurkan pada 15 November sebagai bagian dari misi Artemis 1 di atas roket Space Launch System (SLS) NASA.

Beberapa hari yang lalu, pesawat tersebut juga telah menyelesaikan pembakaran mesin selama tiga setengah menit (terpanjang dalam perjalanan sejauh ini) untuk mengaturnya agar mendarat pada 11 Desember di Samudra Pasifik, di lepas pantai California, AS.

Misi selanjutnya, Artemis II, dijadwalkan pada 2024 untuk membawa astronot ke jalur yang mirip dengan Artemis I tanpa mendarat di Bulan. Kemudian, manusia akhirnya akan kembali menginjakkan kaki di permukaan bulan dengan Artemis III, yang dijadwalkan meluncur pada 2025.