Cara Dapatkan Kripto Gratis, Syaratnya Cuma Pelajari Apa Itu <i>Cryptocurrency</i>, Cek Daftarnya di Sini!
Cara mendapatkan kripto gratis lewat program Learn-to-Earn. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam dunia kripto terdapat istilah yang disebut Learn-to-Earn. Istilah ini mengacu ke berbagai layanan berbasis blockchain yang memungkinkan pengguna umum untuk mendapatkan mata uang kripto secara gratis dengan cara mempelajarinya.

Tapi sebelum itu, pengguna harus bisa memiliki alamat dompet kripto terlebih dahulu baik di exchange maupun aplikasi dompet kripto seperti Trust Wallet atau MetaMask. Selain itu, bisa juga mendaftar di platform terkait yang menyediakan layanan Learn-to-Earn seperti Coinbase.

Platform Learn-to-Earn merupakan cara yang populer untuk mendapatkan mata uang kripto dari pengembang kripto. Cara ini juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kripto tanpa harus deposit atau top up uang fiat terlebih dahulu alias garatis. Dengan Learn-to-Earn, pengembang dapat mempromosikan tokennya ke publik secara online.

Cara Kerja Learn-to-Earn

Program Learn-to-earn biasanya mengharuskan pengguna untuk menonton video atau membaca artikel sebelum mengikuti kuis yang menguji pengetahuan mereka tentang konten yang baru saja mereka konsumsi. Setelah menjawab sejumlah kecil pertanyaan dengan benar, pelajar akan diberi hadiah dengan denominasi cryptocurrency yang relatif kecil, biasanya setara dengan sekitar 1 hingga 3 dolar AS.

Mengapa platform menawarkan belajar-untuk-belajar dengan kripto? Dalam banyak kasus, protokol yang menghadap kripto mengalokasikan sejumlah kecil mata uang mereka ke platform Learn-to-Earn untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan pengguna. Selain itu, aset dengan lebih banyak pemegang dapat membantu meningkatkan nilai cryptocurrency dan menghasilkan momentum pasar yang lebih baik.

Banyak platform Learn-to-Earn juga memungkinkan pelajar untuk langsung mengonversi aset mereka ke cryptocurrency arus utama seperti Bitcoin dan Ethereum.

Daftar Website untuk Mendapat Kripto, Gratis!

Berikut ini daftar 10 platform kripto untuk mendapatkan koin secara gratis:

1. Coinbase

Yang pertama dan salah satu platform Learn-to-Earn paling terkenal adalah Coinbase. Sebagai salah satu bursa kripto terbesar di dunia dan perusahaan yang terdaftar di Nasdaq, Coinbase adalah platform yang dapat dipercaya bagi pengguna untuk mendapatkan kripto hanya dengan mempelajarinya.

Coinbase membagi platform pembelajarannya ke dalam protokol yang berbeda dan memecah kuis menjadi tiga atau empat bagian. Modul miniatur ini biasanya melibatkan membaca beberapa paragraf informasi dan mengonsumsi beberapa grafik pembelajaran sebelum menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban.

Meskipun pembayaran dapat berubah, setiap pertanyaan yang dijawab biasanya bernilai sekitar 1 dolar AS dalam bentuk kripto. Selain itu, modul pembelajaran sering ditambahkan sehingga pengguna dapat membangun portofolio yang berguna melalui pembelajaran sendiri dari waktu ke waktu.

2. Binance

Binance adalah bursa atau exchanger kripto terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangannya. Selain sebagai platform pertukaran kripto, bursa ini juga kerap menawarkan program Learn-to-Earn. Mirip dengan Coinbase, pengguna Binance perlu mendaftar untuk membuat akun, memverifikasi identitas mereka, dan mendaftar ke Binance Academy untuk mendapatkan akses ke serangkaian modul pembelajaran yang dikategorikan berdasarkan tingkat kesulitannya masing-masing.

Di sini, perlu dicatat bahwa kursus yang berbeda memiliki persyaratan masuk yang berbeda, dan kursus yang memungkinkan peserta didik untuk mendapatkan uang biasanya ditentukan oleh materi yang dipelajari.

3. Earnathon

Earnathon adalah platform pembelajaran spesialis yang menyelenggarakan berbagai kursus pendidikan yang memberi hadiah aset kripto kepada peserta didik. Di Earnathon, kursus dapat berupa pengantar dan lebih umum, seperti belajar tentang cara kerja dompet mata uang kripto, atau bisa juga lebih rumit, berurusan dengan protokol spesifik dan jaringan blockchain.

Hal yang hebat tentang Earnathon adalah berbagai cara yang dapat digunakan pengguna untuk Learn-to-Earn. Platform ini memiliki mata uang kripto sendiri untuk menjadikan hadiahnya lebih konsisten. Ini sedang dalam proses memperkenalkan skema hadiah "Black Apple" di mana pelajar dapat bersaing satu sama lain di papan peringkat untuk mendapatkan hadiah yang lebih besar.

4. CoinMarketCap

Platform penyedia data harga kripto populer CoinMarketCap juga memiliki fungsi Learn-to-Earn. Alih-alih berfungsi sebagai pertukaran kripto, CoinMarketCap adalah platform pelacakan harga yang melihat Learn-to-Earn sebagai pendekatan yang kuat untuk mempromosikan literasi kripto yang lebih besar di antara pengguna.

Melalui CoinMarketCap Earn, pengguna dapat menonton video, mengikuti pelajaran, dan mendapatkan cryptocurrency melalui penilaian di tempat. Pembelajaran dalam platform ini terbilang cukup banyak dan mencakup berbagai aspek dalam dunia kripto.

Ini merupakan hal yang baik bagi mereka yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang protokol baru dan yang akan datang. Berkat berbagai kemitraan CoinMarketCap dengan proyek-proyek yang sedang berkembang, banyak hadiah yang didistribusikan memberdayakan pengguna untuk mendapatkan mata uang asli dari platform yang mereka pelajari.

5. BitDegree

BitDegree mengidentifikasi dirinya sebagai pusat pembelajaran kripto yang fokus pada pembelajaran dan pemahaman produk kripto. Ke depannya, platform ini telah mengumumkan bahwa mereka berencana untuk meluncurkan "Learnoverse," yang diatur untuk menjadi metaverse pembelajaran kripto yang menawarkan pembelajaran yang sepenuhnya imersif.

Di sini, para pembelajar menonton konten video yang dikenal sebagai "Learndrops" sebelum menyelesaikan penilaian tentang apa yang telah mereka pelajari untuk mendapatkan imbalan dalam bentuk mata uang kripto berdasarkan kinerja mereka.

6. Cake DeFi

Cake DeFi adalah platform lain dari area lanskap kripto yang berbeda untuk menawarkan kemampuan belajar. Namun, tidak seperti opsi lain yang telah kita lihat, Cake DeFi menawarkan pelajaran dalam beberapa aset terbesar di seluruh dunia kripto: Bitcoin dan Ethereum.

Meskipun pelajarannya terbatas, Cake DeFi adalah salah satu cara yang lebih mudah untuk mendapatkan mata uang kripto sebagai imbalan atas pengetahuan Anda tentang aset kripto terbesar di dunia.

7. Phemex

Platform perdagangan dan investasi kripto Phemex memiliki berbagai macam modul informatif dan edukatif yang memungkinkan pengguna mendapatkan mata uang kripto saat mereka membangun pengetahuan mereka tentang industri ini.

Yang terpenting, tidak seperti platform belajar-untuk-mendapatkan lainnya yang mempromosikan pendidikan protokol bermitra yang dibayarkan dalam mata uang kripto asli, Phemex menawarkan modul yang dapat memberikan gambaran umum yang kuat tentang beberapa aspek terpenting dari industri ini, seperti "apa itu turunan kripto?" dan "mata uang fiat vs. mata uang kripto?".

Karena pelajaran lebih diarahkan pada pertanyaan umum tentang lanskap kripto, platform belajar-untuk-belajar Phemex adalah tempat yang sangat baik untuk memulai bagi pemula.

8. EarnCrypto

Platform pembelajaran kripto spesialis lainnya, EarnCrypto menawarkan banyak cara kepada pelajar untuk mendapatkan mata uang kripto melalui bantuan video dan penilaian informatif, serta pendekatan yang lebih umum seperti menyelesaikan survei dan berbagai tugas online.

Seperti yang dapat kita lihat dari halaman beranda platform, lebih dari 57.000 pembayaran telah diberikan kepada pengguna, dan EarnCrypto saat ini berdiri sebagai salah satu rasio pembayaran terbaik.

9. Publikasikan0x

Publish0x bukan platform pembelajaran, tetapi memberdayakan pengguna untuk mendapatkan kripto hanya dengan membaca atau melihat konten yang terkait kripto di dalam platform. Dalam hal ini, dengan mempelajari tentang kripto melalui melihat konten bertema, Anda masih dapat belajar dan menghasilkan pada saat yang sama, dan kurangnya penilaian untuk mengonfirmasi transaksi di akhir mungkin menjadi bonus bagi beberapa pengguna.

Pengguna juga dimungkinkan untuk mendapatkan kripto dengan menerbitkan konten mereka sendiri, yang berarti Anda secara teoritis dapat menghasilkan lebih banyak lagi dengan membagikan apa yang telah Anda pelajari di artikel Anda sendiri.

11. Crypto PopCoin

Kemudian ada juga Crypto PopCoin. Meski ini bukan platform Learn-to-Earn, tetapi ini membantu pendatang baru untuk belajar tentang beberapa koin paling populer di ruang kripto dengan cara yang menarik, sambil mendapatkan kripto gratis.

Crypto PopCoin adalah permainan yang dapat diunduh yang mengikuti format yang mirip dengan CandyCrush. Namun, alih-alih mengelompokkan permen untuk menang, pengguna harus mengelompokkan cryptocurrency untuk "meletuskan" mereka dan maju lebih jauh. Ini dapat membantu pemain lebih memahami aset yang mengisi ruang kripto dan mendapatkan token dengan cara yang menyenangkan.

Demikian cara mendapatkan kripto gratis melalui program Learn-to-Earn. Meski begitu, Anda diharapkan untuk melakukan riset terlebih dahulu atau DYOR guna menghindarai aksi penipuan atau scam. Selamat mencoba!