Bank Nasional Ukraina Perkenalkan Konsep Mata Uang Digital, e-hryvnia
Bank Nasional Ukraina (NBU) telah memperkenalkan konsep draf e-hryvnia. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Bank Nasional Ukraina (NBU) telah memperkenalkan konsep draf untuk kandidat mata uang digital bank sentral (CBDC) digital hryvnia, atau disebut e-hryvnia.

Bank sentral Ukraina pada 28 November mengeluarkan pernyataan tentang konsep e-hryvnia, yang bertujuan untuk melakukan semua fungsi uang dengan menambah bentuk tunai dan non-tunai dari hryvnia sebagai target utamanya.

NBU mengatakan telah mempresentasikan konsep e-hryvnia dan terus mengembangkan proyek CBDC dengan peserta pasar aset virtual, perusahaan pembayaran, dan badan negara.

Menurut pengumuman tersebut, bank sentral saat ini sedang mempertimbangkan dan mengembangkan tiga kemungkinan opsi CBDC, tergantung pada desain dan karakteristik utamanya.

Opsi pertama menjelaskan e-hryvnia untuk pembayaran nontunai ritel dengan kemungkinan fungsionalitas uang "terprogram" melalui kontrak pintar. “E-hryvnia ritel akan memungkinkan pelaksanaan pembayaran sosial yang ditargetkan dan pengurangan pengeluaran pemerintah untuk administrasi,” kata NBU, dikutip Cointelegraph.

Opsi CBDC kedua membayangkan e-hryvnia tersedia untuk digunakan dalam operasi yang terkait dengan pertukaran mata uang kripto, penerbitan, dan operasi aset virtual lainnya. “E-hryvnia dapat menjadi salah satu elemen kunci dari pengembangan infrastruktur berkualitas untuk pasar aset virtual di Ukraina,” catatan pengumuman tersebut.

Opsi ketiga termasuk e-hryvnia untuk memungkinkan pembayaran lintas batas guna memberikan transaksi global yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih transparan.

“Pengembangan dan penerapan e-hryvnia dapat menjadi langkah selanjutnya dalam evolusi infrastruktur pembayaran Ukraina,” kata Oleksii Shaban, Direktur Sistem Pembayaran NBU dan departemen pengembangan inovatif, dalam pernyataannya. Dia menambahkan bahwa CBDC Ukraina dapat berdampak positif dalam memastikan keamanan ekonomi dan memperkuat kedaulatan moneter negara, serta pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Menurut pengumuman tersebut, Institut Kekayaan Intelektual Ukraina mendaftarkan merek dagang "e-hryvnia" untuk NBU pada Oktober 2022.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, NBU telah secara aktif mempelajari kemungkinan menerbitkan CBDC dalam beberapa tahun terakhir, mempekerjakan pengembang blockchain dan bekerja sama dengan proyek industri besar seperti Stellar Development Foundation.

Menurut regulator, NBU sudah meluncurkan proyek percontohan untuk mengeluarkan e-hryvnia untuk pembayaran ritel berbasis blockchain pada tahun 2018.