Bank Nasional Ukraina Tangguhkan Penarikan dan Penyetoran Fiat ke Kripto
Otoritas Keuangan Ukrainan hentikan akses kripto ke fiat. (Foto; Dok. ICO Now)

Bagikan:

JAKARTA – Otoritas keuangan Ukraina, Bank Nasional Ukraina (NBU), dilaporkan telah menangguhkan penarikan (withdrawal) dan penyetoran (deposit) uang fiat hyrvina dari dan ke kripto. Langkah tersebut disayangkan oleh dua bursa kripto terkemuka yang beroperasi di Ukraina, Binance dan Kuna.

Kuna sendiri merupakan salah satu exchanger terkemuka di Ukraina. Akibat pembatasan ini, kedua platform perdagangan telah menyarankan para tradernya untuk menggunakan pasar peer-to-peer (P2P). Sebagai informasi tambahan, pasar peer-to-peer (P2P) dalam perdagangan kripto merujuk pada platform perdagangan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk berinteraksi secara langsung tanpa melalui perantara seperti bursa atau pertukaran kripto. Dalam pasar P2P, pembeli dan penjual dapat bertemu dan melakukan perdagangan secara langsung, biasanya melalui platform online atau aplikasi.

"Saat ini, saluran fiat, yaitu input dan penarikan melalui kartu bank dan layanan pembayaran lainnya, untuk sementara ditangguhkan di antara bursa mata uang kripto di seluruh Ukraina," kata platform perdagangan itu dalam sebuah posting Telegram pada hari Kamis, dikutip oleh Bits.media.

Pada Jumat, 3 Maret, pendiri Kuna, Michael Chobanian, menyarankan bahwa kesulitan dengan transaksi hryvnia non-tunai mungkin terkait dengan upaya pihak berwenang Ukraina untuk melawan pencucian uang dan penghindaran pajak melalui situs perjudian online. Dia mengutip pernyataan baru-baru ini dari anggota parlemen Ukraina yang menyatakan bahwa perputaran uang semacam ini mencapai 54 miliar hryvnia atau hampir 1,5 miliar dolar AS (sekitar Rp22,9 triliun) per tahun.

"Mengenai kartu hryvnia dan input/output ke bursa. Ya, itu tidak berhasil... Singkatnya, kami sedang mencari jalan keluar dari situasi ini, di bawah ancaman penghentian seluruh pasar kripto/kartu UAH Ukraina," kata pendiri Kuna, Michael Chobanian, di saluran Telegram-nya.

Chobanian percaya bahwa pembatasan tersebut membawa kerusakan reputasi ke Ukraina, yang telah memimpin dalam adopsi kripto di wilayah tersebut dan sekitarnya. Menurutnya, situasi ini juga akan memengaruhi aktivitas perusahaan kecil dan menengah serta donasi mata uang kripto, dilansir Bitcoin.com News.

Ini sangat memprihatinkan, terutama karena laporan terbaru dari perusahaan intelijen blockchain Elliptic dan Chainalysis mengungkapkan bahwa Ukraina telah mengumpulkan lebih dari 212 juta dolar AS (Rp3,2 triliun) dalam bentuk kripto untuk pertahanan dan upaya kemanusiaan sejak dimulainya invasi Rusia pada akhir Februari 2022, 70 juta dolar AS (Rp1 triliun-an) di antaranya telah diterima melalui alamat yang disediakan pemerintah.

Pada akhir April, Bank Nasional Ukraina memberlakukan batas transaksi bulanan untuk pembelian mata uang kripto sebesar 100.000 hryvnia per orang. Otoritas moneter belum mengomentari konsekuensi dari pembatasan tersebut terhadap pasar kripto di negara tersebut.

Namun, wajar untuk khawatir bahwa pembatasan ini akan mempengaruhi kemampuan Ukraina dalam memanfaatkan potensi besar dari teknologi blockchain dan mata uang kripto, serta mempengaruhi aktivitas perusahaan kecil dan menengah serta donasi mata uang kripto untuk pertahanan dan upaya kemanusiaan.