Binance Ekspansi ke Kazakhstan, Luncurkan Bursa Kripto Lokal
Binance lebarkan sayap ke Kazakhstan. (Foto; Dok. TronWeekly)

Bagikan:

JAKARTA - Binance, bursa kripto terbesar di dunia, memperluas kehadirannya di Kazakhstan dengan meluncurkan bursa lokal di negara tersebut. Langkah ini dilakukan setelah Binance memperoleh lisensi dari AIFC Financial Services Authority (AFSA) pada Oktober 2022, yang membuat mereka memenuhi syarat sebagai platform yang teregulasi di Kazakhstan.

Pada acara pers yang dihadiri oleh pimpinan Binance Kazakhstan, pejabat pemerintah, dan perwakilan industri perbankan Kazakhstan, Binance mengumumkan peluncuran bursa aset digital baru ini. Bursa tersebut akan menawarkan layanan pertukaran, konversi, setoran dan penarikan mata uang fiat, serta penyimpanan aset kripto.

Freedom Finance Bank Kazakhstan akan menyediakan layanan perbankan yang memungkinkan pengguna bursa mentransfer dana fiat dari bank ke platform bursa yang baru. Saat ini, pengguna dapat melakukan transfer fiat melalui kartu bank dan transfer melalui Freedom Finance Bank.

Langkah ini disambut positif oleh Ablaykhan Ospanov, Direktur Pelaksana Bank Freedom Finance Kazakhstan JSC, yang menyebutnya sebagai dorongan yang signifikan bagi industri dan menyarankan negara-negara lain untuk mengikuti jejak Kazakhstan. Asset Turysov, Wakil Menteri Pengembangan Digital, Inovasi, dan Industri Kedirgantaraan di Kazakhstan, juga menyoroti kolaborasi antara bursa kripto, AIFC, dan bank lapis kedua yang ditawarkan oleh pemerintah.

Sementara itu, Binance menghadapi tantangan regulasi di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa. Mereka dihadapkan pada gugatan dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) dan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terkait aktivitas perdagangan dan penawaran kripto sebagai sekuritas.

Meskipun demikian, Binance terus melanjutkan ekspansinya dan memperkuat kehadirannya di berbagai negara, termasuk Kazakhstan. Zhaslan Madiyev, General Manager Binance Kazakhstan, berencana untuk memperluas lini produk bursa baru ini dengan menambahkan setidaknya 100 aset digital yang disetujui pada akhir tahun 2023.