Binance Peroleh Izin Permanen Operasikan Layanan Aset Digital di Kazakhstan
Changpeng Zheng dan petinggi Kazakhstan (foto: twitter @GemCryptoFather)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah membangun beberapa nota kesepahaman (MoU) dan persetujuan “prinsip” awal untuk beroperasi di Kazakhstan, Binance kini menerima lisensi permanen untuk beroperasi di negara tersebut.

Pada 6 Oktober, Otoritas Jasa Keuangan AIFC Kazakhstan memberikan lisensi permanen untuk mengelola platform aset digital dan menyediakan layanan penyimpanan di Astana International Financial Center.

Lisensi permanen yang baru diperoleh ini memberikan status resmi Binance sebagai platform teregulasi di negara tersebut. “Ini adalah langkah lain untuk Binance menjadi “pertukaran yang berfokus pada kepatuhan,” kata Gleb Kostarev, kepala regional Asia di Binance, yang dikutip Cointelegraph.

Kostarev juga menyoroti upaya dan aktivitas Kazakhstan baru-baru ini di ruang crypto. “Kami menyambut baik dorongan Kazakhstan untuk menjadi pemain terkemuka di bidang teknologi digital baru dan ekosistem cryptocurrency,” ujarnya.

Binance mulai meletakkan dasar untuk operasi di Kazakhstan awal tahun ini ketika menandatangani MoU pertamanya pada 25 Mei, di mana mereka berjanji untuk membantu adopsi dan regulasi crypto lebih lanjut di negara tersebut. Itu diikuti oleh yang kedua pada 3 Oktober untuk membantu memerangi kejahatan keuangan.

Perkembangan dari Kazakhstan ini mengikuti beberapa tindakan oleh pihak berwenang untuk meningkatkan peluang terkait crypto di negara tersebut.

Pada 28 September, presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, mengatakan kepada kantor berita lokal bahwa jika permintaan meningkat, pemerintah siap untuk mengotorisasi cara untuk mengubah crypto menjadi fiat.

Pada Juni lalu, Kementerian Pengembangan Digital, Inovasi, dan Industri Dirgantara Kazakhstan meluncurkan program untuk memungkinkan pertukaran kripto membuka rekening bank dan menjalankan operasi legal di Astana International Finance Center.

Kazakhstan sebelumnya memiliki reputasi sebagai tempat yang baik untuk penambangan kripto karena harga energi lokal yang bersahabat. Selama setahun terakhir, negara ini telah meningkatkan persyaratan pelaporan konsumsi daya untuk perusahaan pertambangan, bersama dengan pedoman pajak baru dengan dampak yang diproyeksikan pada industri.