Binance Hentikan Transaksi Kripto dengan Mata Uang Hryvnia, Warga Ukraina Tidak Punya Opsi untuk Beli <i>Cryptocurrency</i>?
Bursa kripto Binance tangguhkan layanan penarikan mata uang nasional Ukraina atas dorongan bank sentral negara tersebut. (Foto; Dok. Cryptocurrency Todays)

Bagikan:

JAKARTA - Pertukaran aset digital global, Binance, mengambil langkah yang mengejutkan dengan menghentikan pemrosesan transaksi dengan mata uang nasional Ukraina, hryvnia, melalui dua platform pembayaran pada bulan Maret. Langkah ini diambil setelah penangguhan sebelumnya atas setoran dan penarikan menggunakan kartu bank dalam mata uang nasional Ukraina.

Hal ini memberikan dampak signifikan bagi pengguna di Ukraina yang sekarang kehilangan beberapa opsi untuk berdagang dengan fiat mereka di bursa kripto terbesar di dunia. Langkah ini didorong oleh pembatasan yang diberlakukan oleh Bank Nasional Ukraina untuk melawan bisnis perjudian ilegal, yang mengarah ke tindakan pemerintah untuk membatasi perdagangan kripto di negara itu.

Binance mengumumkan bahwa pembelian hryvnia Ukraina melalui dompet digital Settlepay dan Advcash tidak akan tersedia mulai 21 Maret. Selain pembelian dengan Settlepay dan Advcash, setoran dan penarikan fiat melalui kartu bank dan layanan pembayaran lainnya juga telah ditangguhkan di seluruh Ukraina.

Meskipun penarikan Settlepay saat ini terbuka, pengguna tidak akan dapat membeli hryvnia Ukraina dengan mudah untuk berdagang di Binance. Platform tersebut menginformasikan para trader Ukraina bahwa mereka dapat menjual hryvnia dalam pasangan spot atau mengonversinya menjadi aset apa pun tanpa komisi.

Namun, Binance menyarankan para pengguna untuk menggunakan platform peer-to-peer untuk menukar kripto dan uang fiat secara langsung dengan pengguna Binance lainnya.

Sementara itu, Kuna, bursa kripto terkemuka Ukraina, juga mengakui adanya gangguan terkait pembatasan yang diberlakukan pemerintah Ukraina. Michael Chobanian, pendiri Kuna, menyatakan bahwa hal ini dapat dikaitkan dengan upaya pemerintah di Kyiv untuk melawan pencucian uang dan penghindaran pajak melalui situs perjudian online.

Perusahaan kripto global, Binance, juga mengonfirmasi bahwa keputusan ini terkait dengan perang melawan bisnis perjudian ilegal, dan sayangnya, hal ini juga mempengaruhi pertukaran mata uang kripto. Mata uang kripto telah menjadi alternatif bagi banyak orang Ukraina dalam situasi yang sulit akibat perang yang sedang berlangsung dengan Rusia.

Upaya yang diberlakukan pemerintah Ukraina dapat membatasi akses ke kripto bagi warga yang ingin mendukung upaya militer dan mengirimkan bantuan. Meskipun demikian, pengguna masih dapat menukar kripto dan uang fiat melalui platform peer-to-peer di Binance.