Kreator Kini dapat Menyertakan Audio Hingga 60 Detik ke YouTube Shorts
YouTube Shorts kini mendukung audio hingga 60 detik (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Selama ini, tidak sedikit kreator yang mengeluhkan kemampuan untuk menambahkan musik ke YouTube Shorts, lantaran musik atau suara yang ditambahkan ke video hanya dapat berdurasi 15 detik saja, meskipun Shorts memiliki durasi hingga 60 detik. 

Tapi sekarang, tampaknya YouTube sudah mengatasi masalah tersebut. YouTube mengatakan bahwa sebagian besar musik di Shorts akan tersedia dalam durasi hingga 60 detik. 

"Kami mewujudkan permintaan Anda untuk dapat menggunakan audio berdurasi lebih dari 15 detik di video Shorts. Anda dapat menggunakan musik sepanjang 30-60 detik untuk sebagian besar lagu dan audio asli," tulis Reuben, tim YouTube di website support Google. 

Jika ingin menggunakan audio berdurasi lebih dari 15 detik, YouTube menyarankan Anda untuk mengubah durasi video Anda menjadi 60 detik. 

"Alat pilih audio akan menampilkan durasi audio yang dapat digunakan dari setiap lagu atau video (15, 30, atau 60 detik) dan durasi rekaman video Anda harus diubah menjadi 60 detik agar dapat menggunakan audio berdurasi lebih dari 15 detik," jelasnya. 

Selain itu, tidak seperti sebelumnya, sekarang pembuat konten dapat melakukan "remix", atau mengambil sampel, hingga 60 detik suara dari video lain, bukan hanya 15 detik saja. 

Meski begitu, YouTube mencatat mungkin beberapa audio hanya akan tersedia dalam 30 detik saja, dikarenakan adanya pembatasan lisensi yang berkelanjutan. 

Selama beberapa minggu ke depan, para kreator YouTube akan mulai melihat opsi yang diperluas untuk menambahkan musik ke video ini di aplikasi YouTube untuk iOS dan Android. 

"Pembaruan ini mulai diluncurkan hari ini, kami menantikan konten yang Anda buat dengan audio berdurasi lebih panjang," tutup pengumuman itu.