YouTube Luncurkan Shorts di <i>Smart TV</i> Secara Global Hari Ini
Tampilan YouTube Shorts di TV (foto: Blog Youtube)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube terus memperluas konten video pendeknya dalam menyaingi TikTok, dan mengumumkan pada Senin, 7 November, bahwa YouTube Shorts kini diluncurkan di smart TV.

"Saat kami memperkenalkan format baru ini, kami mengoptimalkan pengalaman untuk pembuat dan pemirsa seluler. Hari ini, kami memperluas akses menonton ke Shorts ke platform kami yang paling cepat berkembang, yakni layar TV," kata Chief Product Officer, YouTube and SVP, Google Neal Mohan dalam pengumuman di blog YouTube.

Jadi, mulai hari ini penonton global yang memiliki smart TV yang mendukung akan dapat menikmati rentetan video pendek berdurasi hingga 60 detik ini di layar yang lebih lebar.

"Meskipun memperluas Shorts ke TV mungkin tampak sederhana secara konseptual, perjalanan untuk sampai ke sini tidak sesederhana kedengarannya," ujar Neal lebih lanjut. 

Perusahaan menceritakan bahwa dalam fase akhir desain, mereka membuat dua prototipe untuk menghidupkan Shorts di TV, yaitu prototipe sederhana dan maksimum.

Pada prototipe "sederhana", sidebars dan fungsionalitas dasar untuk terlibat dengan Shorts. Prototipe "maksimal" memberikan lebih banyak fungsionalitas yang terlihat, mulai dari tag terkait hingga komentar dan menyertakan latar belakang buram dengan sampel warna.

“Ketika kami menguji prototipe ini dengan komunitas, kami mengetahui bahwa orang-orang lebih menyukai versi "maksimal". Itu memanfaatkan ruang tambahan layar TV dengan lebih baik dan latar belakang sampel warna membuat pengalaman terasa lebih modern,,” ujar Neal.

Sebagai peluncuran desai awal hari ini, Anda akan melihat versi awal dengan penyederhanaan desain rel di sisi kanan menggunakan prototipe maksimal. Namun, YouTube berjanji akan menghadirkan fungsionalitas lain di masa mendatang.

YouTube juga mengungkapkan, untuk penonton yang ingin melihat Shorts di TV, mereka membutuhkan smart TV model 2019 atau yang lebih baru dan konsol gim atau perangkat streaming yang lebih baru.