Bagikan:

JAKARTA - Instagram telah lama memiliki versi web desktop tetapi itu tidak terlihat lebih baik dari versi aplikasi selulernya. Sekarang, Instagram melakukan perubahan pada versi web desktopnya dengan memperkenalkan desain baru untuk perangkat layar besar.

Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan desain baru ini dibuat untuk pengguna yang banyak melakukan tugas di aplikasinya, serta lebih mudah digunakan.

“Kami tahu banyak orang menggunakan web untuk melakukan banyak tugas dan kami ingin memastikan Instagram memberikan pengalaman yang sehebat mungkin saat online,” ungkap Mosseri dalam video singkatnya yang diunggah di laman Twitter resminya.

"Jadi lebih bersih, lebih cepat, dan lebih mudah digunakan dan sekarang dirancang untuk memanfaatkan monitor layar besar," imbuhnya.

Desain baru ini terlihat pada menu dan ikon seperti Home, Search, Explore, Messages dan Notification yang berpindah ke panel samping.

Stories ditampilkan di bagian atas, kemudian Profil, Suggestions, dan lainnya ada di sebelah kanan. Saat pengguna memilih opsi menu apa pun, bilah menu di kiri akan tetap muncul, membuat navigasi lebih cepat dan mudah.

Melansir TechCrunch, Kamis, 10 November, sementara desain web yang lebih lama saat membuka Profil, opsi seperti Posts, Guides, Reels dan Tagged dihosting di atas grid.

Jadi jika pengguna ingin beralih ke tab lain, mereka harus menggulir ke atas. Tetapi, desain baru itu memecahkan masalah ini dengan memindahkan opsi ke samping, mempermudah penggunaan Instagram di monitor besar sambil beralih di antara tab yang berbeda.

Menurut laporan, desain ulang tersebut akan diluncurkan secara bertahap ke semua pengguna global yang memiliki perangkat layar besar.

Namun itu tidak termasuk untuk aplikasi Instagram di iPad. Awal tahun ini, Mosseri menyatakan aplikasi iPad tidak cukup besar untuk menjadikannya prioritas pengembangan.

Sebelumnya diwartakan, Instagram juga meluncutkan penjadwalan postingan yang memungkinkan akun profesional untuk menjadwalkan postingan mereka.