Pembaruan Fitur Instagram yang Makin Bikin Betah di Rumah
Ilustrasi aplikasi Instagram (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial Instagram memperbarui fitur pada aplikasinya. Kini secara resmi aplikasi berbagi foto dan video ini menambahkan fitur Direct Message (DM) untuk versi desktop.

Mengutip Mashable, aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook ini telah menguji fitur DM untuk versi desktop sejak awal tahun 2020. Di mana sebelumnya, fitur DM hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan lewat aplikasi smartphonenya.

Lewat akun resmi Twitter-nya, Instagram mengumumkan bahwa semua orang di seluruh dunia sekarang dapat mengirim DM satu sama lain di versi desktop. Fitur ini bekerja persis dengan yang biasanya dilakukan versi ponsel.

Meskipun aplikasi milik Mark Zuckerberg itu memiliki banyak aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Messenger, beberapa orang lebih memilih berkomunikasi melalui Instagram. Aplikasi yang diluncurkan pada 2010 ini memungkinkan pengguna berbagi gambar dan video ke teman, keluarga maupun secara publik.

Fitur DM versi desktop ini juga tersedia berbagai emotikon, GIF, dan banyak hal lain yang akan membuat obrolan menjadi menyenangkan. Namun, keuntungan terbesar yang disediakan Instagram adalah memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan tanpa ada kesulitan.

Penerima DM akan mendapatkan notifikasi ketika pengirim menghapus pesan mereka. Menariknya, fitur ini juga tersedia untuk pengguna desktop. Fitur tersebut pun juga lebih dahulu dibenamkan di WhatsApp.

Sebenarnya, para pengguna Instagram telah lama menuntut Instagram agar segera meluncurkan fitur DM untuk web ini. Karena diklaim lebih nyaman bagi pengguna untuk berinteraksi dengan banyak pengikut di web daripada di ponsel menyoal ukuran layarnya.

Tentu saja fitur ini merupakan kabar gembira bagi influencer, bisnis, dan tokoh publik lainnya yang mendapatkan banyak pesan setiap hari. Pasalnya, banyak yang merasa kurang nyaman untuk membalas lebih dari 100 pesan melalui telepon genggam setiap hari.

Saat ini, dengan adanya fitur DM untuk versi desktop, akan lebih mudah bagi pengguna untuk berkomunikasi, berkat opsi penggeser yang didapatkan, terlebih pengguna juga bisa menggunakan mouse pad untuk mengoperasikannya.

Meski begitu, perlu hati-hati dalam menggunakan Instagram versi desktop, karena bisa saja jadi celah kejahatan cyber yang mengintai Anda. Pastikan untuk log out setelah selesai digunakan.

Lainnya, video siaran langsung Instagram saat ini juga sudah tersedia untuk ditonton di versi desktop. Hal itu merupakan waktu yang tepat, karena saat ini tidak sedikit pengguna, kalangan selebritis hingga pebisnis memanfaatkan fitur yang satu ini untuk lebih dekat dengan pengikutnya. Dikatakan, fitur baru ini merupakan upaya Facebook untuk menyediakan konten tayangan siaran langsung via web desktop di tengah wabah COVID-19.

Dari tampilannya, tentu tidak seperti versi ponsel. Instagram menempatkan fitur Story dan Live di sisi samping kanan setelah kolom beranda. Jika pengguna tengah melakukan siaran langsung, maka akan muncul label "Live" di samping akun Instagramnya.

Saat mengklik pengguna yang sedang melakukan Live, alih-alih menutupi konten Instagram Live, beragam komentar yang muncul di siaran langsung akan muncul secara terpisah di sebelah kanan.

Tidak sedikit yang mengklaim bahwa pembaruan ini memudahkan pengguna menonton siaran langsung pengguna lainnya, juga mengirimkan reaksi emoji dan berkomentar secara langsung dengan tampilan yang lebih lega. Tetapi anehnya, Instagram tidak memberikan informasi lebih lanjut bagaimana caranya pengguna bisa melakukan Live via website dan menambahkan fitur Story.