Pengguna WhatsApp Desktop dan Web Kini Bisa Buat Stiker Versi Mereka Sendiri
WhatsApp memperkenalkan alat baru untuk layanan desktop atau website-nya. (foto: dok. whatsapp)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp memperkenalkan alat baru untuk layanan desktop atau website-nya, yang memungkinkan pengguna membuat stiker khusus versi mereka sendiri.

Dijuluki fitur "Sticker Maker", pengguna dapat mengubah gambar biasa dari komputer menjadi stiker yang dapat dikirim melalui layanan perpesanan tersebut.

Tidak hanya itu, gambar juga dapat diedit dengan alat yang disediakan WhatsApp, pengguna dapat dengan mudah menghilangkan latar belakang, menambahkan teks, Emoji, dan stiker WhatsApp lainnya yang dapat dilapis sebelum dikirim.

Pengenalan stiker di versi desktop atau web WhatsApp adalah peningkatan yang penting dan akan lebih berguna, mengingat pengeditan kemungkinan akan lebih mudah dengan mouse dan layar yang lebih besar.

Akan tetapi tidak dengan pengguna ponsel, alat ini tidak akan banyak membantu di mana aplikasi sudah ada untuk menghasilkan stiker WhatsApp. Alat tersebut bisa sangat berguna jika pengguna adalah seorang seniman digital (dan kemungkinan memiliki alat kreatif di komputer) atau lebih suka mengedit gambar dengan mouse daripada jari.

Sejatinya, kemampuan membuat stiker sendiri di WhatsApp bukanlah hal baru, dan ada berbagai macam aplikasi pihak ketiga yang tersedia di iOS dan Android yang didedikasikan untuk tugas tersebut. Namun, itu adalah fitur yang nyaman untuk dioperasikan langsung ke versi desktop dan web.

Mengutip Pocket Lint, Jumat, 26 November, untuk mencobanya, klik ikon paperclip (lampiran), pilih Stiker, lalu pilih gambar untuk diunggah. Selain versi web WhatsApp, fitur ini juga akan hadir di aplikasi desktop pada minggu depan. Setelah diunggah, gambar dapat diedit sesuai selera pengguna untuk mengubahnya menjadi stiker yang sempurna.