Meta Luncurkan Aplikasi WhatsApp Asli untuk Windows dan Mac
Meta luncurkan aplikasi WhatsApp asli untuk desktop (foto: WhatsApp)

Bagikan:

JAKARTA - Jika selama ini Anda membuka WhatsApp menggunakan aplikasi desktop berbasis web (WhatsApp Desktop) atau WhatsApp Web, sekarang Anda tidak memerlukan itu lagi. 

Meta mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan aplikasi WhatsApp asli untuk sistem operasi Windows dan Mac.

Aplikasi asli tersebut memungkinkan Anda mengakses WhatsApp tanpa harus selalu terhubung ke smartphone yang digunakan untuk login (masuk) akun.

Secara desain, tampilan WhatsApp asli untuk desktop ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, hanya saja interface-nya jauh lebih baik. 

Dalam pengumumannya, perusahaan menyebutkan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari aplikasi aslinya.

Perbedaan terbesarnya adalah bahwa Anda tidak perlu lagi menjaga ponsel Anda untuk tetap online untuk mensinkronisasi pesan. Jadi, tidak perlu waktu lama lagi untuk membuka aplikasi. 

Sebelumnya aplikasi WhatsApp diluncurkan, pengguna harus menggunakan fitur multi-device untuk menghubungkan akun WhatsApp di ponsel ke laptop. 

Namun, fitur tersebut memiliki kelemahan dimana pengguna iPhone tidak dapat menghapus pesan selain di aplikasi utamanya di ponsel. 

Selain itu, versi WhatsApp web tidak mendukung untuk menerima atau membuat panggilan telepon. WhatsApp web juga tidak dapat melihat live location. 

Namun, aplikasi WhatsApp desktop kali ini dirancang dan dioptimalkan untuk sistem operasi desktop Anda. 

Untuk pengguna Windows, Anda sudah bisa mengunduh aplikasinya di Microsoft store, jika sudah lakukan langkah berikut untuk masuk ke aplikasi:

  1. Buka WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Ketuk Opsi lainnya di Android atau Pengaturan di iPhone.
  3. Ketuk Perangkat Tertaut. 
  4. Arahkan kamera ponsel Anda ke kode QR yang muncul di Aplikasi Desktop WhatsApp Anda.

Sedangkan untuk pengguna Mac, perusahaan mengatakan bahwa aplikasi desktop WhatsApp asli ini masih dalam pengembangan.

Untuk saat ini pengguna Mac masih harus menggunakan WkamihatsApp Web di browser Anda atau mengunduh aplikasi WhatsApp Desktop berbasis web sambil menunggu peluncuran aplikasi WhatsApp asli.