Amazon.com Segera Tawarkan Amazon Clinic  untuk Solusi <i>Telehealth</i>, Mirip Ai Care di Indonesia
Amazon mungkin akan menawarkan perawatan kesehatan baru (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Amazon mungkin akan menawarkan perawatan kesehatan baru dalam waktu dekat ini. Hal ini diketahui dari sebuah tayangan video yang bocor. Sebuah video yang diterbitkan ke halaman YouTube perusahaan Selasa, 8 November dan kemudian dengan cepat dihapus, menggambarkan "Amazon Clinic," sebuah program perawatan online yang akan menawarkan pengobatan untuk "kondisi umum" seperti alergi dan jerawat.

Tangkapan layar yang diambil dari video yang sekarang tidak terdaftar yang awalnya diposting di halaman YouTube Amazon.

Seperti yang dijelaskan dalam video, orang dapat mengisi kuesioner tentang gejala mereka dan membayar biaya. Seorang dokter akan meninjau jawaban mereka dan memberikan diagnosis dan resep yang diperlukan.

“Layanan telehealth ditawarkan oleh kelompok penyedia layanan kesehatan pihak ketiga,” menurut teks dalam video. Video mengarahkan orang ke amazon.com/clinic, halaman web yang saat ini tidak ditayangkan saat publikasi.

Video tersebut mengatakan bahwa resep akan dikirim ke "apotek Anda." Tidak jelas apakah program tersebut akan mengarahkan orang ke Amazon Pharmacy, yang masih berjuang untuk lepas landas, menurut laporan dari Insider pada Agustus lalu.

Juru bicara Amazon, Christina Smith, menolak mengomentari video dan program yang dijelaskannya.

Program yang dijelaskan akan menjadi poros perawatan kesehatan lain untuk Amazon. Hanya beberapa bulan yang lalu, perusahaan mengumumkan akan menutup Amazon Care, layanan telehealth aslinya.

Program itu dimulai sebagai layanan untuk karyawan Amazon dan kemudian diperluas sebagai penawaran untuk perusahaan mana pun yang ingin menawarkannya kepada karyawannya.

Wakil presiden senior kesehatan Amazon, Neil Lindsay, mengatakan dalam email yang mengumumkan penutupan bahwa itu "bukan penawaran yang cukup lengkap untuk pelanggan perusahaan besar yang telah kami targetkan."

Langkah itu dilakukan setelah Amazon mengumumkan mengakuisisi penyedia perawatan primer One Medical. Tidak jelas apakah grup penyedia layanan kesehatan pihak ketiga yang dijelaskan dalam video Amazon Clinic akan menyertakan One Medical.

Perusahaan teknologi ini masih mencari cara terbaik untuk menavigasi industri perawatan kesehatan yang menguntungkan, tetapi manajemen berantakan. Bergantung pada bentuk akhirnya, penawaran Amazon Clinic ini bisa menjadi sudut pandang baru pada masalah yang berfokus pada pengalaman pelanggan, yang sudah dikuasai perusahaan, daripada mencoba menawarkan perawatan itu sendiri.

Di Indonesia sendiri klinik kesehatan online seperti itu, sudah menjamur. Bahkan I-Care, salah satu aplikasi telehealth juga memiliki berbagai kemampuan mendiagnosa pasien secara online lewat pertanyaan yang diajukan atas pasien dan jawaban pasien akan menentukan solusi atau obat apa yang akan diberikan.