Bagikan:

JAKARTA - Google memperkenalkan fitur baru untuk membantu bisnis kecil atau UMKM, yang memungkinkan penjual dapat mengidentifikasi diri mereka dengan atribut bisnis kecil baru di Penelusuran dan Google Maps. 

Nantinya, produk di Penelusuran dan di Maps yang dijual oleh bisnis dengan atribut tersebut akan memiliki label 'Small business atau Bisnis Kecil'. Sehingga akan memudahkan pembeli menemukannya. 

"Kami akan secara otomatis menambahkan atribut bisnis kecil ke daftar beberapa pedagang berdasarkan faktor seperti jumlah produk yang mereka tawarkan, jumlah lokasi yang mereka miliki, atau berapa banyak lalu lintas web yang mereka dapatkan," kata Google dalam pengumumannya, dikutip Kamis, 2 November. 

Meskipun demikian, Anda ataupun pemilik bisnis yang lain dapat menghapus atribut tersebut di Merchant Center atau melalui Profil Bisnis Anda kapan saja. 

Lebih lanjut, mulai minggu ini, Google meluncurkan Product Studio, seperangkat alat AI Google untuk membantu penjual membuat dan mengelola citra produk mereka, ke semua pengguna Merchant Center Next di AS. 

Dengan Product Studio yang didukung AI, pedagang dan pengiklan akan dapat memanfaatkan text-to-kemampuan image AI untuk membuat citra produk baru secara gratis, cukup dengan mengetikkan perintah gambar yang ingin mereka gunakan. 

Fitur tersebut dapat digunakan untuk tugas sederhana, seperti mengubah warna latar belakang gambar produk atau bisa juga digunakan untuk meminta suatu produk ditampilkan dalam adegan tertentu.

Fitur ini hampir mirip dengan fitur di Amazon yang memungkinkan penjual meminta AI Amazon untuk meletakkan produk mereka di tempat yang diperintahkan. 

Product Studio mulai diluncurkan hari ini, dan akan tersedia di Merchant Center Next dan aplikasi Google & YouTube di Shopify.